Kesunahan yang Bisa Diamalkan Dalam Melaksanakan Shalat Idul Fitri!

0
1734
Shalat Idul Fitri
Copyright ©habib segaf

Kesunahan yang Bisa Diamalkan Dalam Melaksanakan Shalat Idul Fitri!

Indowarta.com – Ada beberapa hal yang di contohkan oleh Rosulullah shollallohu’alaihi wa sallam dalam pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri. Apa yang dicontohkan atau disunnahan tersebut dapat dilakukan ketika melaksanakan ibadah Shalat Idul Fitri. Niat shalat Idul Fitri sendiri menjadi bagaian paling penting untuk melaksanakan ibadah sunah ini.

Kesunahan sebelum melaksanakan Shalat Idul Fitri diantranya mandi sebelum melaksanakan sholat, makan sebelum berangkat, memperindah (berias) diri, berbeda jalan antara pergi ke tanah lapang dan pulang darinya. Kemudian bertakbir keluar rumah hendak shlata ied, menyuruh wanita dan anak kecil berangkat sholat ied, serta dianjurkan berjalan kaki.

Copyright ©Ist

Sebelum shalat ied dianjurkan untuk bersuci dari hadas besar dengan mandi untuk hari raya karena saat itu tempat berkumpulnya manusia untuk sholat. Namun mandi sendiri tidak wajib, jika hanya berwudhu itu pun juga sah.

Makan sebelum berangkat sholat ied juga dianjurkan seperti yang dijelaskan oleh salah satu hadist dari Buroidah. ‘Rasululloh dahulu tak keluar (berangkat) pada saat Idul Fitri sampai beliau makan dan pada idul Adha tidak akan makan sebelum beliau kembali’. Sedangkan melaksanakan sholat Idul Fitri agar tidak ada sangkaan bahwa masih ada tanggungan puasa hingga dilaksanknnya sholat Ied.

Shalat Idul Fitri
Copyright ©duta islam

Kesunahan sebelum berangkat Shalat Idul Fitri yakni dengan memperindah atau berhias diri. Dalam salah satu hadist menyebutkan jika Umar pernah menawarkan jubah sutra kepada Rasululloh supaya dipakainya untuk berhias.Kemudian rasululloh sendiri tak mengingkarinya dan dengan itu hari raya dianjurkan untuk berias diri. Tetapi anjuran berias di hari raya tidak mengubah apa yang diharam  oleh Allah yakni pakaian sutra bagi laki-laki, emas bagi laki-laki dan minyak wangi bagi kaum perempuan.

Kemudian berbeda jalan pergi ke tanah lapang dan pulang selesai sholat Idul Fitri. Disunnahkan mengambil jalan yang berbeda ketika bergkat dan pulang. Seperti dalam salah satu hadist dari Jabir berkata ‘Rasululloh membedakan jalan (saat berangkat dan pulang) saat shalat idul Fitri’ (HR. Al Bukhori).

Kemudian sebelum Shalat Idul Fitri disunnahkan untuk bertakbir dari mulai keluar rumah hingga akan melaksanakan sholat. Seperti dalam sutu riwayat disebutkan ‘Rasululloh shalllallahu’alaihi wasallam biasa hendak shalat pada hari raya idul fitri beliau selalu bertakbir sampai di lapangan dan hingga shalat hendak dilaksanakan. Dan baru berhenti bertakbir setelah shalat didirikan’ .

baca juga :  Berita Terkini: Menkeu Pastikan Gaji Ke-14 Untuk PNS Akan Turung Jelang Idul Fitri!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here