Oskar Fischinger Kreator Visual yang Berulang Tahun dan Dirayakan Oleh Google Hari Ini!

0
398
Oskar Fischinger
Copyright©kompastekno

Oskar Fischinger Kreator Visual yang Berulang Tahun dan Dirayakan Oleh Google Hari Ini!

Indowarta.com – Situs Google kali ini merayakan ulang tahun ke 117 seniman visual yakni Oskar Fischinger. Sosok terkenal ini merupakan seorang seniman, pemusik dan pembuat film Jerman-Amerika yang menciptakan karya seni animasi yang luar biasa dalam bidang musik.

Hari ini Kamis, 22 Juni 2017 google memberikan peringatan penghormatan kepada sosok seniman ini. Wajar saja Google Doodle memberikan penghormatan kepada Oskar Fischinger dengan mengangkat tema tentang seni pada halaman utamanya karena seniman ini menciptakan karya seni yang luar biasa.

Fischinger sendiri lahir pada 22 Juni 1900 dan wafat pada 31 Januari 1967 merupakan seorang animator, pembuat film dan pelukis abstrak Jerman-Amerika. Dia adalah seniman terkenal karena berhasil menciptakan karya animasi musik sebelum munculnya grafis komputer dan video musik.

Dia berhasil menciptakan karya animasi musik abstrak dengan efek khusus untuk Firtz Lang’s 1929 Woman In The Moon yang merupakan salah satu film roket sci-fi pertama. Fischinger tercatat membuat lebih dari 50 film pendek dan melukis sekitar 800 lukisan kanvas.

Oskar Fischinger
Copyright©Laguna

Karya-karya dari Oskar Fischinger banyak berada di museum, galeri dan koleksinya berada diseluruh dunia. Seperti hanya salah satu karya miliknya yakni film Motion Painting No.1 (1947) yang sekarang terdaftar di Nation Film Registry dari A.S Library of Congress.

Fischinger sendiri sebenarnya meninggalkan Nazi Jerman untuk Hollywood sekitar tahun 1936 saat Hitler menindak seni abstrak. Animasi stop-motion disinkroniskan dengan musik dan membuatnya tanpa cela. Karya dengan mengkreasikan musik abstrak tersebut dibuat dengan sungguh-sungguh sehingga dapat bertahan selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

‘Musik tidak terbataspada dunia suara. Ada musik di duia visual’ merupakan salah satu kutipan dari Fischinger.

Untuk mengingat karya yang luar biasa tersebut kali ini beranda Google Doodle menciptakan seni visual sendiri dengan gaya Fischinger. Seni visual tersebut dapat terlihat dengan cara mengklik berlian untuk memilih not atau tangga nada.

Sementara itu Oskar Fischinger tak hanya membuat animasi visual namun juga menciptakan karya lukis. Dengan melukis  ia berusaha mengenalkan perasaan bergerak ke dalam karyanya tersebut. Sampai saat ini karya dari seniman terkenal ini masih tersimpan di Center for Vicual Music di Los Angles, Amerika Serikat.

baca juga :  Kebijakan Google Soal Konten Pro Terorisme di Youtube!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here