Kisah Menarik Dibalik Aplikasi Google Maps, Aplikasi Favorit Pemudik!

0
207
Google Maps
Copyright ©cewekbanget

Kisah Menarik Dibalik Aplikasi Google Maps, Aplikasi Favorit Pemudik!

Indowarta.com – Melacak tempat yang belum diketahui sebelumnya atau bahkan menuju lokasi tersebut bukan perkara mudah pada sepuluh tahun lalu. Perlu membuat peta secara teliti dan bertanya ke banyak orang untuk mencapai tempat tersebut. Tetapi semua berubah dan terasa mudah sejak kehadiran layanan online yakni Google Maps.

Sudah barang pasti Google Maps menjadi salah satu layanan yang menjadi favorit para pemudik. Dengan alat ini dapat menunujukan arah menuju kampung halaman dengan mudah praktis dan tentunya gratis. Pemudik tak usah khawatir tdak sampai tujuan jika mempunyai aplikasi peta online yang satu ini.

Googel Maps pertama kali kenalkan pada tanggal 8 Februari 2005 silam dan hingga kini sudah masuk satu dekade sejak peluncuran layanan ini untuk pertama kalinya. Layanan online ini benar-benar mengubah cara seseorang mencari suatu lokasi serta merecanakan perjalan ketika akan mudik ke kampung halaman.

Apalagi sekarang perangkat Android tengah meledak dan sudah menjadi barang wajib jika aplikasi pencari lokasi ini ada didalamnya. Peta online kemungkinan sudah muncul sebelum kedatanagan aplikasi maps ini. Namun peta online menjadi layanan mainstream semenjak kehadiran google maps.

Google Maps
Copyright ©money

Sementara itu cukup diketahui jika Google Maps sendiri sebenarnya tidak murni ciptaan dari Google. Awal mula diciptakan aplikasi ini pada tahun 2004 dua bersaudara Denmark Lars dan Jens Eilstrup Rasmussen menyampaikan gagasannya kepada pihak Google. Pemikiran tersebut berupa ide peta yang tidak statis namun bisa digunakan untuk mencari lokasi serta dapat dilihat jelas dan diperbesar.

Akhirnya setelah mendengar gagasan dua besaudara Denmark itu Google tertarik mengembangkan ide tersebut. Lantas Google pun membeli Where 2 Tecnologies yang merupakan perusahaan yang digawangi oleh Lars dan Jens. Tak hanya itu juga dibeli perusahaan bernama Kyloe dan dikembangkan sofware visualisasi bumi yang menjadi Google Earth.

Untuk menciptakan Google Maps ini dibuat tim yang beranggotakan 50 orang dan akhirnya berhasil menggarap aplikasi ini hingga selesai. Setelah selesai digarap pada 8 Februri 2005 aplikasi ini dirilis pertama kali di Amerika Serikat dan dua bulan selanjutnya dirilis di Inggris.

baca juga : Google Maps Kini Juga Bisa Lacak Perjalanan Teman Lho!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY