OnePlus 5 Curang Soal Benchmark?

0
214
Oneplus 5
Copyright ©PC Advisor

OnePlus 5 Curang Soal Benchmark?

Indowarta.com– Lagi lagi kini Oneplus telah tertangkap melakukan kecurangan di dalam bencmark untuk mencapai performa tertinggi di kelas Android. Berdasarkan dari hasil XDA Developers, telah ditemukan mekanisme kecurangan pada OnePlus 5.

OnePlus 5 telah mengunci cluster “kecil” dari chipset Snapdragon 835 pada clocspeed paling tinggi 1,9 GHz pada saat benchmark terdeteksi. Hal ini bukan merupakan overclock, melainkan menonaktifkan thermal Throtting. Cluster besar pun tidak akan terpengaruh oleh hal ini. Itu cukup untuk mendorong hasil benchmark multi core mereka.

Baca Juga Resmi, OnePlus 5 Akan Segera Meluncur Tahun Ini!

Kecuranan dari OnePlus 5 ini akan bisa membuat prosesor Snapdragon 835 yang telah tertanam di Oneplus 5 berjalan pada kecepatan 1,99 GHz selama 95 persen durasi pengujian. Pada saat kecurangan itu dinonaktifkan, prosesor ini akan berjalan pada kecepatan 1,9 GHz, hanya menghabiskan waktu seperempanya yakni 24 persen.

OnePlus 5
Copyright©gizbot

Lalu yang menarik adalah, pada aplikasi benchmark khusus CPU saja seperti Geekbench, OnePlus 5 ini tidak lebih cepat panas. Lalu pada saat benchmark GPU ini telah dijalankan, panasnya pun menjadi semakin tinggi dimana bagian belakang smartphone ini bersuhu 50 derajat Celcius.

Baca Juga Mengintip Bocoran Terbaru Spesifikasi OnePlus 5!

Mengenai dugaan kecurangan ini, pihak OnePlus sendiri pun telah memberikan pernyataan resmi mereka. Mereka telah menyatakan bahwa cara ini dilakukan untuk menampilkan potensi kinerja dari OnePlus yang sebenarnya. Sebelum hal ini, OnePlus juga telah diduga melakukan kecurangan terhadap OnePlus 3T.

Terkait dengan hal ini, pendiri OnePlus yakni Carl Pei ini telah angkat biacara. Dirinya pun mengatakan “Saat pengguna menjalankan aplikasi benchmark, yang menurut saya bukan proxy yang berguna untuk kinerja kehidupan nyata, kami yakin mereka ingin melihat potensi penuh perangkat mereka tanpa gangguan dari gangguan. Itulah yang telah kami buka”.

Ujar Carl Pei “Setiap OEM memiliki profil kinerja eksklusif untuk perangkat mereka, saya menghargai bahwa kami memiliki antusiasme yang antusias, namun merasa bebas untuk melihat-lihat”. Sisi dapur pacu dari OnePlus 5 ini pun telah menawarkan kinerja yang tinggi sekelas dengan flagship.

baca juga :

Keunikan Undangan Peluncuran OnePlus 5!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here