Kenapa Pasien BPJS Kesehatan Sering Tak Dapatkan Tempat Tidur?

0
1127
BPJS kesehatan

Kenapa Pasien BPJS Kesehatan Sering Tak Dapatkan Tempat Tidur?

Indowarta.com– Mungking terkadang anda mendengarkan ada pasien yang ingin berobat ke rumah sakit dengan menggunakan kartu BPJS Kesehatan mengalami kendala. Salah satu keluhan dari pasien ini adalah ketersediaan tempat tidur yang sudah habis.

baca juga : BPJS Kesehatan Singkawang Targetkan Petani Jadi Peserta!

Pada akhirnya, pasien pun harus dirujuk ke rumah sakit yang lainnya yang masih mempunyai ketersediaan tempat tidur. Lalu mengapa kondisi yang seperti ini kerap terjadi terhadap pasien yang menggunakan kartu BPJS Kesehatan?

Deputi Direksi Bidang Hubungan Antar Lemabaga dan Regulasi BPJS Kesehatan yakni Budi Mohammad Arief telah membeberkan penyebabnya. Budi usai melakukan peninjauan posko pelayanan kesehatan mudik BPJS Kesehatan di Pelabuhan Merak, Banten pada hari Rabu 21 Juni 2017 ini telah mengatakan “Pertumbuhan peserta BPJS Kesehatan tinggi. Bahkan sekarang sudah mencapai 177 juta jiwa ternyata tidak diseimbangkan dengan pertumbuhan fasilitas kesehatan (faskes). Hal ini juga tidak diseimbangkan dengan pertambahan tempat tidur di rumah sakit”.

Berita terkini: Ini Besaran Iuran BPJS Kesehatan Per 1 April, Tak Hanya Naik Kini Berubah Menjadi KIS !!

Tak hayal apabila ketersediaan dari tempat di rumah sakit ini telah menyebabkan antrean pasien rawat jalan atau rawat inap. Namun di sisi lain, untuk bisa menambahkan jumlah tenaga kesehatan, tempat tidur, dan juga kamar operasi ini memerlukan kerjasama dengan berbagai pihak yang terkait.

Budi pun mengatakan “Program pelayanan kesehatan BPJS Kesehatan hanya akan berhasil dan bisa mudah dinikmati masyarakat bila pihak-pihak terkait, seperti dinas kesehatan hingga Kementerian Sosial saling meningkatkan kerjasama”.

baca juga : Tanggapan MUI Soal Dokter Tolak BPJS Kesehatan Karena Dianggap Riba!

Sementara itu pada mudik tahun ini, BPJS Kesehatan telah mendirikan posko pelayanan kesehatan mudik di Pelabuhan Merak, Banten. Posko ini tidak hanya diperuntukkan bagi pengguna kartu BPJS Keshatan saja, namun Posko ini juga akan melayani seluruh pemudik tanpa terkecuali.

Hal ini karena masih banyak masyarakat yang belum tergabung menjadi peserta BPJS Kesehatan. Segala keluhan yang dialami pemudik seperti mual, dan kelelahan ini akan dilayani dengan baik. Namun, apabila pemudik membutuhkan penanganan yang lebih lanjut lagi, pemudik ini akan langsung dibawa ke rumah sakit mana pun di areha posko kesehatan mudik yang telah berkerjasama dengan BPJS Kesehatan.

baca juga : 

Menteri Puan Maharani Respon Pasien yang BPJS Ditolak Sebanyak 7 Kali!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here