NASA Kembali Temukan 219 Exoplanet Lagi, Layak Huni?

    0
    1472
    Copyright ©static6

    NASA Kembali Temukan 219 Exoplanet Lagi, Layak Huni?

    Indowarta.com – NASA kembali mengumumkan penemuan terbarunya. Kali ini, teleskop Kepler berhasil menemukan sebanyak 219 Exoplanet (planet asing) yang mana 10 diantaranya memiliki karakteristik mirip dengan Bumi.

    Kepler menemukan planet asing ini dengan memantau pergerakan bintang-bintang yang mengelilinginya. Seiring planet bergerak menglilingi bintang, cahayanya akan berpendar. Dari sinilah, Keplrer dapatmndeteksi tanda-tanda sebuah Exoplanet baru.

    Dengan ditemukannya 219 planet asing baru, jumlahnya kini yang sudah diburu NASA bertambah menjadi 4.034. kendati demikian, Badan Antariksa Amerika Selatan tidak bisa menyingkap apakah semua planet asing yang diburu ini benar-benar memiliki karakteristik yang sama dengan Bumi atau tidak.

    Baca Juga Demi Penuhi Ambisi Bawa Manusia Ke Mars, NASA Kini Bangun Atmosfer Buatan!

    Data yang dikirim langsung dari teleskop Kepler juga mengungkapkan jenis Exoplanet berdasarkan ukurannya. Adapun diantaranya meliputi planet mirip Bumi, planet “Super-Earth” atau ukurannya lebih besar dari Bumi dan planet Neptunus dengan ukuran yang lebih kecil.

    Copyright ©Viva

    Diketahui, sebelumnya NASA telah menemukan Exoplanet di luar Tata surya yang memiliki ukuran sama dengan Bumi. Badan Antariksa Amerika Serikat itu menamai planet dengan julukan b, c,d,e,f,g, dan h.

    Tiga diantaranya, Trappist-1 e, f dan g memiliki perairan pada permukaan. Para ilmuan meyakini, ketiga planet dengan perairan itu bisa menjadi sumber khidupan utama manusia. Sedangkan empat lainnya, Trappist-1 b,c,d dan h, tengah diteliti apakah juga termasuk ke dalam zona layak huni atau tidak.

    Baca Juga Exoplanet Discovery : NASA Akhirnya Temukan 7 Planet Mirip Bumi Di Luar Tata Surya !

    Berdasarkan analisis, keempat planet tersebut ternyata juga masuk kategori layak huni. Keempatnya memiliki kandungan gas hydrogen, yang ternyata juga mendukung tanda kehidupan manusia.

    Sebagai informasi, NASA meluncurkan teleskop Kepler pada tahun 2009 lalu untuk mengetahui jumlah planet mirip Bumi. Data yang telah diperoleh dan analisis yang sedang dilakukan, mrupakan sebuah lagkah penting dalam menilai kemungkinan adanya kehidupan di luar Bumi.

    Misi Kepler juga menemukan 50 planet yang berukuran sama dnegan Bumi. Di mana lebih dari 30 planet telah dikonfirmasi.

    Tim Kepler menemukan, planet-planet yang berukuran 1,75 kali lebih besar dari Bumi atau lebih kecil cenderung memiliki permukaan berbatu. Sementara itu, planet yang berukuran dua sampai 3,5 kali lebih besar dari Bumi berselimut gas layaknya Neptunus.

    Baca Juga 5 Fakta Penting Soal Penemuan Exoplanet yang Musti Kamu Ketahui !

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here