Berita Hot : Kemenag Siap Umumkan Pembukaan Program Beasiswa Untuk Para Santri 26 Mei Mendatang !

0
998
beasiswa santri

Berita Hot : Kemenag Siap Umumkan Pembukaan Program Beasiswa Untuk Para Santri 26 Mei Mendatang !

indowarta.com– Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) kembali digelar oleh Kementrian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam(Dirjen Pendis). Pada tahun ini tes PBSB menggunakan Computer Bases Test (CBT) atau dilakukan secara online. Test tersebut akan dimulai pada hari Selasa 3 Mei 2016 hingga Minggu 15 Mei 2016 mendatang.

Menurut Komaruddin Amin yang merupakan Dirjen Pendis, PBSB in bertujuan untuk memperluas akses dan meningkatkan mutu santri untuk memasuki perguruan tinggi di Indonesia. dari santri yang mendapatkan Beasiswa Santri tersebut diharapkan pada saat mereka sudah selesai dari perguruna tinggi, mereka bisa kembali dan mengabdi untuk pesantren. Hal tersebut dilontarkan Komarudin pada saat konferensi pers di kantor Kemenag, Jakarta, Selasa 3 Mei 2016.

Tidak hanya itu, program ini juga bertujuan untuk mengejar ketertinggalan lembaga pendidikan pesantren di bidang sains dan juga teknologi. Program ini sendiri sudah berjalan selama 10 tahun. Selain tujuan tersebut, program ini juga dimaksudkan untuk pengembangan keagamaan.

beasiswa santri

Dari program ini diharapkan bisa memperkuat jaringan kerjasama antara perguruna tinggi dengan produk pesantren. Hal ini dilakukan dalam upaya menguatkan pesntren sebagai lembaga pendidikan, dakwah dan juga pengembangan masyarakat.

Komarudin menjelakan, pada tahun ini tes berbeda dengan sistem yang sebelumnya. Pada tahun ini Dirjen Pendis memang menerapkan sistem tes secara online. Hal ini bertujuan untuk memperluas akses bagi penerima beasiswa yang selama ini berpusat di Pulau Jawa.

Pada tahun ini Dirjen Pendis telah memberika kesempatan bagi para santri yang berada di luar Pulau Jawa. Data menunjukkan bahwa di tahun lalu peserta mencapai 300 santri dan sekitar 80 persen dari jumlah tersebut adalah dari Pulau Jawa.

Dengan memilih sistem online ini, kecurangan atau kebocoran soal akan bisa lebih diminimalisir. Tidak hanya itu, sistem ini juga dinilai lebih ekonomis karena tidak menggunakan kertas. Tahun ini Kemenag menyediakan sebanyak 255 kursi beasiswa santri.

baca juga :

Berita Hari Ini : Sebentar Lagi, Hari Kekebasan Pers Dunia 2016 Resmi Digelar Dengan Angkat Isu Kebebesan Akses Informasi !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here