Dua Warga Diproses Hukum Karena Terbangkan Balon Udara, Menhub Ungkap Bahaya Dibalik Kegiatan Ini!

0
315
Balon Udara
Copyright©detik

Dua Warga Diproses Hukum Karena Terbangkan Balon Udara, Menhub Ungkap Bahaya Dibalik Kegiatan Ini!

Indowarta.com –  Kali ini dua orang pelaku diamankan oleh pihak berwajib karena menerbangkan Balon Udara. Pelaku penerbangan balon udara di Wonosobo, Jawa Tengah ini terancam hukumna pidana karena dianggap telah melanggar Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang penerbangan.

Kedua pelaku penrbangan Balon Udara tersebut saat ini tengah menjalani proses pemeriksaan di Polres Wonosobo. Mengenai penangkapan kedua pelaku ini juga dijelaskan oleh Kapolres Wonosobo, AKBP Muhammad Ridwan kepada wartawan saat ditemui pada Jumat, 30 Juni 2017.

‘Kedua pelaku penerbangan balon udara kami amankan. Mereka orang Kretek dan Kalikajar, Wonosobo. Keduanya juga sudah diperiksa dan tinggal menunggu proses hukum selanjutnya’ ujarnya.

Sementara itu dalam UU Nomer 1 Tahun 2009 tersebut tidak memperbolehkan pelepasan pesawat udara termasuk balon udara. Dijelaskan barang siapa yang melepas pesawat udara termasuk balon udara yang membahayakan pesawat lain, penumpang maupun masyarakata terancam pidana 2 tahun penjara ditambah dengan denda Rp 500 juta.

Balon Udara
Copyright©detik

Ridwan sendiri masih enggan menjawab ketika ditanya nama kedua pelaku. ‘Untuk nama keduanya nanti akan disebutkan, untuk saat ini masih menjalani tahapan pemeriksaan dan prosesnya juga cukup panjang’ ujarnya.

Sedangkan Balon Udara yang diamankan oleh Polres Wonosobo hingga saat ini mencapai 12 balon dengan ukuran yang beragam. Selain itu sejumlah balon juga diserahkan oleh warga sekitar dan ada yang dibakar.

Untuk mencegah kejadian penerbangan balon ilegal terulang Ridwan mengaku hingga kini masih terus melakukan pengawasan di seluruh wilayah Wonosobo. Pengawasan tersebut difokuskan pada tiga titik yakni Kalikajar, Kretek dan Wonosobo Kota yang kerap muncul balon udara yang diterbangkan secara ilegal.

Sementara itu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan hal serupa yakni melarang penerbangan Balon Udara tanpa prosedur. Dengan ini Menhub juga mengapresasi tindakan yang diambil oleh Kapolres Wonosobo yang telah menertibkan balon udara di wilayahnya.

Penerbangan balon tanpa prosedur sendiri telah membahayakan serta merugikan masyarakat seperti listrik mati, bahaya kebakaran, mengganggu penerbangan serta lain sebagainya. Sedangkan mengeni proses hukum pelaku diserahkan kepada mekanisme hukum yang ada. Razia balon udara ini sendiri dilakukan Polres Wonosobo sejak tanggal 26 Juni 2017 lalu.

baca juga : Gara gara Tag, Video FB Remaja Bertengkar Sengit Ini Bikin Netizen Merinding!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY