Jalani Uji Coba Terbang Kedua, Drone Milik FB Sukses Mendarat Mulus!

0
406
Copyright ©Engadget

Jalani Uji Coba Terbang Kedua, Drone Milik FB Sukses Mendarat Mulus!

Indowarta.com – Facebook (FB) diketahui tengah melakukan uji coba drone (pesawat nirawak) yang bertugas untuk menghubungkan akses internet ke seluruh dunia. Drone tersebut diketahui bernama Aquila. Drone itu nantinya akan terbang ke tempat-tempat terpencil yang sulit dijangkau atau tidak terjamah akses internet.

Sebelumnya, penerbangan Aquila diberitakan tidak berjalan dengan lancar. Aquila jatuh di penerbangan pertamanya pada Juni 2017 lalu. Drone milik FB tersebut jatuh akibat kondisi angina yang tidak stabil dalam pnerbangan yang berlangsung selama 96 menit.

Dan kini, Facebook kembali melakukan uji coba terhadap Aquila untuk kedua kalinya. Beruntung, penerbangan yang berlangsung pada 22 Mei 2017 itu berjalan dengan lancar. Drone tersebut tercatat terbang selama satu ham 46 menit dan berhasil mendarat tanpa ada masalah.

WAJIB BACA :  Kini, Tak Bisa Hapus Postingan FB Lewat Browser!

Kabarnya, kru penerbangan Aquila belakat dari kegagalan pertamanya, maka dari itu untuk mengantisipasi turbulensi selama penerbangan, mereka memasang komponen baru yang brtugas untuk  mengurangi beban saat mendarat.

Copyright ©Radar Pekalonga

Dalam pernyataan resminnya, FB menuliskan bahwa Aquila kini juga telah memiliki ratusan sensor baru guna mengumpulkan data. Drone tersebut dimodifikasi dengan softwar autopilot, radio baru, dan baling-baling horizontal untuk menyeimbangkan proses pendaratan.

Drone milik FB ini mengusung bahan bakar solar (tenaga matahari). Nantinya, Aquila diharapkan mampu mengelilingi wilayah yang memiliki diameter hingga 60 mil, selain itu juga diharapkan dapat memancarkan konektivitas internet dari ketinggian di atas 60 ribu kaki menggunakan laser komunikasi dan sistem gelombang millimeter.

WAJIB BACA :  Viral di FB, Video Pria Helm Pink Ini Kepergok Mencuri, Beritanya Sampai Mendunia!

Rencana awal disebutkan bahwa Aquila terbang hingga tiga bulan lamanya. Secara fisik, drone ini memiliki sayap yang besar, namun memiliki tingkat konsumsi daya yang rendah yakni hanya 5 ribu watt atau setara dengan daya tiga pengering rambut.

Dalam keterangannya, Facebook menuliskan, bahwa ini kali pertama mereka menerbangkan pesawat dengan ukuran utuh. Sebelumnya, mereka pernah menerbangkan Aquila yang berukuran seperlima ukuran aslinya. Drone ini juga telah melakukan sejumlah pengecekan guna mengetahui apakah pesawat dapat berjalan sesuai denganyang direncanakan.

Diketahui, bos Facebook Mark Zuckerberg memiliki mimpi untuk menghubugkan akses internet ke seluruh dunia, terutama ke tempat terpencil yang sulit terjangkau.

Baca Juga Akan Ada Fitur Pencari Wifi di FB?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here