Warga Panik, Begini Detik-detik Kawah Sileri Gunung Dieng Meletus!

0
610
Gunung Dieng
Copyright©anekatempatwisata

Warga Panik, Begini Detik-detik Kawah Sileri Gunung Dieng Meletus!

Indowarta.com– Para wisatawan yang pada saat itu tengah menikmati panorama dari Kawah Sileri Dieng ini pun tiba-tiba menjadi merasa panik. Pada hari Minggu, 2 Juli 2017 kemarin secara tiba-tiba kawah gunung Dieng yang terletak di Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara ini pun telah meletus.

baca juga : Pasca Ledakan Bom Di Kampung Melayu, Densus 88 Sudah Tangkap 41 Terduga Teroris!

Letusan itu pun terjadi sebanyak tiga kali dengan selang beberapa menit saja. Letusa yang paling besar adalah letusan yang ketiga yang telah terjadi pada pukul 11.54 WIB. Kepala Pelaksana Harian BPBD Banjarnegara yakni Arif Rahman telah mengatakan bahwa letusat bersifat freatik.

Arif menjelaskan “Letusannya berupa semburan lumpur dan gas dengan ketinggian 150 meter dan lebar 50 meter. Letusan menuju ke arah utara dan selatan”. Arif menyebutkan bahwa kawah sileri Gunung Dieng ini merupakan kawah yang masih aktif pada saat ini. Sudah tercatat sudah tiga kali meletus di dalam kurun waktu satu tahun ini.

Gunung Dieng
Copyright©panduanwisatadieng

Arif menuturkan “Tahun ini sudah terjadi tiga kejadian. April, Mei dan sekarang. Letusan sulit diprediksi karena tidak diawali dengan tanda-tanda seperti aktivitas kegempaan”. Pada letusan yang telah terjadi kemarin ini sebanyak belasan orang telah terkena semburan lumpur. Arif menjelaskan bahwa pada saat berlibur, terdapat sebanyak 17 orang pengunjung yang telah terkena dampak dari letusa kawah Gunung Dieng ini. Diantara jumlah tersebut, terdapat empat orang yang telah menderita luka ringan.

baca juga : Kebijakan Google Soal Konten Pro Terorisme di Youtube!

Salah satu korban juga ada yang telah mengalami patah tulang tangan. Sedangkan yang lainnya ini telah mendapatkan luka jahitan pada bagian kepala karena telah tertimpa batu yang terpental pada saat kawah Gunung Dieng itu telah meletus.

Setelah letusan itu terjadi, demi keamanan lokasi wisata itu pun telah ditutup. Untuk pengamanan telah diminta warga menjauh 100 meter dari bibir kawah. Lalu untuk menghindari bahaya letusan susulan, wisata Kawah Sileri ini pun telah ditutup dan juga Water Boom D’Qiano yang berjarak kurang lebih 300 meter dari lokasi ini ditutup.

baca juga : 

Cerita Saksi Teror di Mabes Polri, Sempat Dikira Maling!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here