Berita Terkini : Warga Rasakan Guncangan Hebat Kala Gempa Mentawai Berkekuatan 4.8 SR Melanda !

0
1098
gempa mentawai

Berita Terkini : Warga Rasakan Guncangan Hebat Kala Gempa Mentawai Berkekuatan 4.8 SR Melanda !

indowarta.com– Gempa berkekuatan 4,8 skala Richter mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, pada hari Rabu 5 Mei 2016. Gempa Mentawai juga dirasakan oleh warga di sekitar Kabupaten.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyebutkan bahwa gempa Mentawai terjadi sekitar pukul 5.32 WIBw. Kedalaman gempa sendiri mencapai di kedalaman 24 kilometer.

Lokasi gempa berada di 1.79 Lintang Selatang dan 99.7 Busur Timur. Hal itu berseumberkan dari BMKG. Pusat gempa berjarak sekitar 98 km di sebelah tenggara dari Kepulauan Mentawai.

Gempa juga dirasakan oleh warga disekitar Kabupaten. Diantara wilayah teresbut adalah Padang dan Padang Panjang. Salah satu warga mengaku merasakan guncangan tersebut satu kali, dia pun juga sempat panik karena guncangan tersebut.

Guncangan tersebut cukup terasa menurut salah satu warga tersebut. Dia merasa kaget dan langsung bangun dari tempat tidur. Warga lain juga mengaku merasakan guncangan tersebut.

gempa

Sementara itu Kepala Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia yaitu Sutopo Purwo Nugroho mengaku bahwa belum mengetahui informasi mengenai gempa Mentawai tersebut. Jikalaupun ada laporan, itu merupakan gempa kecil saja.

Kepulauan Mentawai   berjarak sekitar 50 kilometer dan daratan Pulau Sumatera. Samudera Hindia mengitari Kepulauan Mentawai tersebut.

Sebelumnya gempat juga sempat mengguncang Mentawai pada 18 April 2016 malah hari pukul 21.27 WIB. Kala itu gempa yang mengguncang Mentawai berkekuatan 5,3 skala richter. Gempa saat itu berlokasi pada titik koordinat 5.70 lintang selatan dan 93.47 bujur timur. Gempa terebut juga terjadi di 769 kilimeter sebelah barat daya Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Kedalaman gempat mencapai 10 kilometer. BMKG mengumuman bahwa gempat tersebut tidak berpotensi tsunami. Tidak ada korbna jiwa yang dilaporkan oleh warga. Namun kerugian berupa material sudah dipastikan walaupun masih belum diketahui berapa besarannya.

baca juga :

Berita Hot : Kemenag Siap Umumkan Pembukaan Program Beasiswa Untuk Para Santri 26 Mei Mendatang !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here