Berita Terkini: 7 Gempa Susulan Guncang Kawah Sileri Gunung Dieng!

0
935
Kawah Sileri
Copyright©primaradio

7 Gempa Susulan Guncang Kawah Sileri Gunung Dieng!

Indowarta.com – Petugas pengamat Gunung Api Dieng terus memantau kondisi Kawah Sileri pada Senin, 3 Juli 2017 sejak dini hari. Pengamatan tersebut difokuskan terkait dengan suhu yang berada disekitar kawah dan yang kemungkinan besar munculnya gas berbahaya setelah keluarnya lahar dingin pada Minggu, 2 Juli 2017 kemarin.

Pengamatan Kawah Sileri ini dengan menggunakan alat pengukur gempa dan pengamatan langsung pada enam jam sekali. Dari hasil pengamatan tersebut petugas Gunung Api Dieng baru menemukan sedikitnya tujuh gempa susulan yanag terjadi di sekitar lokasi kawah.

Sedangkan suhu disekitar Kawah Sileri sendiri pada Senin pagi terpantau dalam kondisi normal. Namun meskipun demikian petugas tetap menghimbau agar warga maupun wisatawan tidak mendekati lokasi dalam radiuis kurang lebih 100 meter.

Hingga saat ini objek wisata Gunung Dieng masih ditutup untuk sementara waktu dan wisatawan tidak diizinkan untuk mendekati kawah. Akibat letupan kawah Gunung Api ini bertambah menjadi 17 orang, namun kini sejumah korban sudah diperbolehkan pulang.

Kawah Sileri
Copyright©analisadaily

Beberapa korban lainnya masih dirujuk ke rumah sakit lantaran mengalami luka yang cukup serius dibagian kepala dan kaki. Sedangkan himbauan agar masyarakat tidak mendekati bibir kawah ini juga dikatakan oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho.

Sutopo menghimbau masyarakat masih bisa menikmati kawasan Dieng, namun dalam radius 100 meter dari bibir kawah. Dia memperingatakan agar masyarakat maupun wisatawan benar-benar memperhaikan himbauan untuk tidak mendekati bibir kawah karena sangat berbahaya untuk keselamatan.

Sedangkan salah satu korban yakni bernama Muainah (44 tahun) asal Paninggaran, Pekalongan harus dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Pekalongan kerena mengalami retak tulang pada lengan sebelah kiri. Sedangkan untuk biaya perawatan masyarakat yang berada di dekat bibir kawah saat terjadi letusan ditanggung oleh pengelola kawasan wisata Dieng.

Kawah Sileri sendiri berada di puncak Gunung Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah. Kawah tersebut meletus pada Minggu, 2 Juli 2017 pada waktu siang hari dengan menyemburkan lahar dingin yang membuat wisatawan kaget kala itu. Saat itu diketahui banyak wisatawan yang berkunjung untuk menghabiskan libur akhir pekan di lokasi wisata Gunung Dieng.

baca juga : Mengerikan, Ini Kronologi Jatuhnya Helikopter Basarnas yang Menewaskan 8 Orang di Temanggung!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here