Cara Cek Tagihan dan Pembayaran BPJS Kesehatan Online!

0
496
Copyright ©blogspot

Cara Cek Tagihan dan Pembayaran BPJS Kesehatan Online!

Indowarta.com – Masyarakat tentu sudah tidak asing lagi dengan layanan kesehatan yang diberikan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Layanan yang secara resmi dikeluarkan oleh pemerintah beberapa tahun lalu ini terbilang sangat populer dan cepat menarik minat masyarakat.

Pasalnya layanan ini mengenakan tarif yang lebih terjangkau. Nah, sebagai salah satu peserta BPJS Kesehatan yang  taat aturan, tentunya kita harus membayar iuran setiap bulannya. Namun kadangkala kita lupa dengan iuran tersebut sehingga tagihan terus membengkak.

Agar tagihan iuran BPJS Kesehatan tidak tertunggak dan membngkak, ada baiknya kita mengetahui cara untuk mengecek tagihan secara online untuk antisipasi. Sebenarnya sih bisa saja lewat ATM saat kita akan membayar tagihan iuran tersebut, tapi tidak ada salahnya kan jika kita mmbahas cara cek tagihan secara online, simak berikut ini:

Baca Juga BPJS Kesehatan Singkawang Targetkan Petani Jadi Peserta!

Pertama, masuk ke situs BPJS Kesehatan. Selanjutnya pilih bagian cek pembayaran iuran/contribution payment check pada menu sebelah kanan. Setelah itu, silahkan diisi dengan Nomor Kartu BPJS (13 digit), tanggal lahir dan angka validasi form kemudian klik tombol cek.

Copyright ©blogspot

Nah, setelah itu akan muncul informasi peserta BPJS Kesehatan dan kelebihan saldo yang dimiliki (jika ada) serta rincian / detail iuran BPJS Kesehatan yang telah dibayarkan.

Selain melalui sambungan internet, pemerintah juga memberikan kemudahan layanan bagi peserta BPJS untuk melakukan pengecekan tagihan melalui layanan SMS. Layanan SMS Gateway ini tentu akan mmudahkan kita yang tidak atau jarang menggunakan layanan internet dalam keseharian mereka. layanan ini bisa diakses dengan jaringan seluler di nomor 0877 5500 400.

Berbagai informasi mengenai layanan BPJS  Kesehatan yang Anda gunakan dapat diakses melalui nomor tersebut. termasuk jumlah tagihan bulanan yang harus dibayarkan dan jumlah denda yang dikenakan.

Baca Juga Dokter Tolak BPJS Kesehatan Lantaran ‘Riba’ dan Bertentangan dengan Agama?

Informasi mengenai tagihan trsebut dapat diakses dengan menggunakan salah satu data diri Anda, antara lain Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu BPJS Kesehatan (NOKA), atau Nomor Induk Pegawai yang  Anda miliki.

Cara membayar iuran BPJS Kesehatan bisa melalui beberapa tempat seperti kantor BPJS Kesehatan, ATM BRI, BNI, atau Bank Mandiri, kantor Pos, Indomaret dan Alfamart, dan loket pembayaran Multitagihan.

Baca Juga Kenapa Pasien BPJS Kesehatan Sering Tak Dapatkan Tempat Tidur?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY