Kawah Sileri Dieng Akan Ditutup Sampai Kapan?

0
251
kawah sileri dieng
Copyright©gopibareng

Kawah Sileri Dieng Akan Ditutup Sampai Kapan?

Indowarta.comKawah Sileri Dieng terus mengeluarkan asap putih yang membumbung tinggi ke udara. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah hingga kini belum bisa memastikan hingga kapan penutupan sementara kawah tersebut.

Kawah Sileri sendiri berada di daratan tinggi Dieng tepatnya berada di sekitar Gunung Api Dieng Kabupaten Banjarnegra, Jawa Tengah. Seperti diketahui daerah tersebut ditutup setelah terjadi letusan freaktif yang terjadi pada Minggu siang, 2 Minggu 2017 kemarin.

Kepala BPBD Jawa Tengah Sarwa Pramana mengatakan untuk saat ini area kawah ditutup dan warga maupun wisatawan dilarang mendekat dalam radius 100 meter. ‘Sesuai kesepakatan yang diambil serta melihat kondisi Kawah Saleri maka masyarakat serta wisatawan dilarang mendekat dalam radius 100 meter dari bibir kawah’ ujaarnya saat ditemui di Semarang pada Senin, 3 Juni 2017.

Penutupan kawasan sekitar Kawah Sileri Dieng tersebut akan terus diberlakukan sembari menunggu fluktusi kondisi kawah litu sendiri. Tercatat setelah menyemburkan lahar dingin pada Minggu siang terjadi sejumlah letusan freaktif malam harinya.

Kawah Sileri
Copyright©analisadaily

Pramana menurkan belum mengetahui hingga kapan penutuban kawah Sileri diberlakukan, namun pastinya masih menunggu evaluasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Sedangkan nantinya sudah dinyatakan dibuka kembali dia berharap masyarakat tetap tidak mendekati kawah terlebih dahulu. Masyarakat diharapkan tetap menjaga jarak dalam radius seratu meter karena dihawatirkan kawah masih menyemburkan lahar dingin.

Sementara itu letusan freaktif terjadi pada Minggu kemarin dan terlihat tinggi lontaran mencapai 150 meter. Saat letusan terjadi tengah banyak wisatawan yang menghabiskan libur akhir pekan dan menyebabkan 12 wisatawan terluka.

Menurut Pramana kondisi kawah lain di sekitar Kawah Sileri Dieng terpantau aman dan pemantauan sendiri ini terus dilakukan. ‘Akibat letusan Minggu kemarin tidak berpengaruh serta tidak ada penyebaran gas berbahaya CO2‘ sambungnya.

Cukup diketahui jika Kawah Sileri berada di Kawasan Wisata Daratan Tinggi Dieng, Desa Kepakisan, Kabupaten Banjarnegara. Letusan ini terlihat mencapai tinggi sekitar 50 meter dan terjadi pada Minggu siang sekitar pukul 12.00 WIB. Usai letusan tersebut tim PVMGD langsung menerjukan tim untuk memantau kondisi lokasi kawah di Gunung Dieng itu selama 24 jam.

baca juga : Berita Terkini: 7 Gempa Susulan Guncang Kawah Sileri Gunung Dieng!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here