PPDB Online Jatim Alami Gangguan Server, Begini Komentar Dindik!

0
1122
PPDB Jatim
Copyright©beritametro

PPDB Online Jatim Alami Gangguan Server, Begini Komentar Dindik!

Indowarta.com – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jawa Timur sudah dimulai sejak Senin, 3 Juli 2017 kemarin. Pada hari pertama PPDB Jatim mengalami gangguan dan terlihat sulit diakses untuk pembaruan rangking pendaftar pada setiap sekolah.

Bedasarkan hasil pemantauan di posko PPDB Jatim statistik pengunjung laman resmi PPDB Jatim cukup tinggi. Tercatat dalam setiap detik jumlah pengakses yang masuk bisa mencapai 25 ribu pengunjung secara bersamaan.

Sedangkan jumlah pendaftar yanag telah masuk pada hari pertama tercatat mencapai 155.601 siswa hingga pukul 14.00 WIB. Bisa dibilang jika jumlah yang mengakses laman resmi PPDB secara online tersebut cukup tinggi. Namun tingginya pengakses tidak sebanding lurus dengan tingkat persaingan yang ada di sekolah kecuali sekolah favorit di Surabaya.

Sekolah favorit di Surabaya terlihat berbanding lurus antara jumlah pengkses dengan tingkat persaingan yang tampak disekolah. Misalnya di SMAN 5 Surabaya pada hari pertama hingga pukul 18.00 WIB tercatat baru 201 pendaftar dari total 271 kursi yang disediakan. Sedagkan 14 pendaftar lainnya menyatakan pilihan kedua.

PPDB Online
Copyright©spirit

Sedangkan persaingan dalam PPDB Jatim semakin longgar terjadi di SMA kompleks lainnya. Misalnya terjadi di SMAN 1 Surabaya yang tercatat hanya dipilih 41 pendaftar pilihan pertama dan 11 pendaftar pada pilihan kedua. Sedangkan pada SMAN 2 Surabaya tercatat baru dipilih 77 pendaftar pilihan pertama dan 28 pendaftar pilihan kedua.

Mengenai PPDB ini juga ditanggapi oleh Kepala UPT Teknologi Informasi da Komunikasi Pendidikan (TIKP) Dinas Pendidikan (Dindk) Jatim, Ema Sumiarti. Dia mengatakan pada hari pertama PPDB Jatim SMA/SMK di Jawa timur secara umum berjalan dengan lancar meskipun sedikit mengalami gangguan server.

Perlunya dilakukan pengaturan cara kerja siste untuk mengontol jumlah pengakses pada laman PPDB Online.’Muncul tampilan sinkronisasi sementara untuk memberikan kesempatan pengunjung lain agar dapat masuk dengan lebih mudah’ ujar Ema.

Sedangkan PPDB Jatim ini juga ditanggapi oleh Yudi yanag juga merupakan tim ahli PPDB untuk provinsi Jawa Timur. Dia menuturkan jika jumlah pengakses laman dan pendaftar memang belum sebanding. Hal tersebut karena sebagian besar pengakses masih memantau perkembangan persaingan di setiap sekolah.

baca juga : Siap Dibuka, PPDB Online Jabar Malah Tak Bisa Diakses!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here