Palangkaraya Dinilai Tak Cocok Dijadikan Ibu Kota Indonesia Lantaran Hal Ini!

0
2024
Palangka Raya
Copyrigth©getborneo

Palangkaraya Dinilai Tak Cocok Dijadikan Ibu Kota Indonesia Lantaran Hal Ini!

Indowarta.com– Pengamat tata kota dari Universitas Trisakti yakni Nirwono Joga ini telah mengemukakan pendapatnya bahwa ada beberapa syarat yang penting yang sebaiknya telah diperhatikan sebelum menetapkan suatu wilayah ini menjadi salah satu calon Ibu Kota Negara pengganti Jakarta nanti.

Pada saat dihubungi oleh awak media pada hari Selasa 4 Juli 2017 ini Joga mengatakan “Syarat utama Ibu Kota tidak terdampak bencana gempa bumi, tsunami, kebakaran asap, hingga banjir. Kalau muncul (kabar) condong ke Palangkaraya, ini yang dikhawatirkan”.

Dirinya pun telah menanggapi mengenai rencana dari pemindahan Ibu Kota oleh Bappenas yang akan dilaksanakan pada tahun 2018 nanti. Pada saat ini telah beredar sebuah berita yang menyebutkan bahwa Ibu Kota negara akan dipindahkan ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Palangkaraya
Copyright©ruanghati

Jika diilhat dari kondisi alamnya, menurut Joga Palangkaraya ini telah terjadi beberapa kali mengalami masalah yang sama dengan Jakarta seperti Banjir. Tidak hanya itu saja, jika daerah sekitar Palangkaraya nantinya mengalami kebakaran hutan, kawasan Palangkaraya ini juga bisa terkena imbas yakni berupa asap.

Pertama kali wacana mengenai pemindahan ibu kota negara ke Palangkaraya ini telah digagas oleh presiden Pertama Indonesia yakni Soekarno. Setelah itu hal ini telah dimunculkan kembali oleh Presiden Joko Widodo pada beberapa waktu yang lalu.

Namun pelaksana rencana pemindahan Ibu Kota, Kepala Bappenas yakni Bambang Brodjonegoro ini pun masih belum bisa memastikan wilayah mana yang akan dijadikan ibu kota nantinya untuk menggantikan Jakarta.

Sementara itu Wakil Keuta DPR yakni Fadli Zon telah memberikan kritikannya mengenai wacana pemindahan ibu kota ini. Menurut dirinya, pemerintah dianggap buru-buru untuk mewacanakan pemindahan Ibu Kota. Fadli pun mengingatkan bahwa pemindahan ibu kota ini merupakan suatu hal yang besar dan tidak dilakukan begitu saja.

Fadli juga mengingatkan bahwa pada saat ini negara masih belum mempunyai uang yang cukup bisa melakukan pekerjaan yang besar seprti pemindahan ibu kota ini.

baca juga : 

Berita Terkini: Presiden Jokowi Sudah Rencanakan Perpindahan Ibu Kota Ke Luar Jawa, Palangkaraya?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY