BPJS Ketenagakerjaan Janji Realisasi Asuransi TKI!

0
275
BPJS Ketenagakerjaan
Copyrigth©production

BPJS Ketenagakerjaan Janji Realisasi Asuransi TKI!

Indowarta.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan terus memperbaiki dan menambah sejumlah pelayanan didalamnya. Kali ini BPJS Ketenagakerjaan akan segera merelisasikan anusransi perlindungan jaminan soial untuk para tenaga kerja Indoensia (TKI) yang bekerja di luar negeri.

Mengenai akan diadakannya jaminan terhadap TKI ini juga disampaikan oleh Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto. Dia menuturkan jika pihaknya telah bekoordinasi dengan Kementerian Ketenagakerjaan dan stakeholder lain. Hal tersebut dilakukan untuk mengkover ansuransi khusunya terhadap TKI.

Agus berharap akhir bulan ini pemerintah segera mengeluarkan reguasi terkait dengan pengadaan jaminan sosial terhadap tenaga imigran ini. Jika pemerintah sudah mengambil tindakan tersebut dipastikan BPJS Ketenagakerjaan bisa secara cepat melakukan sosialisasi hal ini kepada masyarakat.

Menurutnya realisasi perlindungan jaminan sosial teradap TKI yang bekerja di luar negeri sangat perlu dilakukan. Sedangkan diketahui selama ini hanya tenaga kerja dalam negeri saja yang dikover untuk mendapatkan perlindungan jaminan sosial.

BPJS ketenagakerjaan
Copyright ©keuangan kontan

Jika dilihat TKI yang bekerja di luar negeri juga membutuhkan perlindungan yang sama seperti halnya pekerja dalam negeri. Agus sendiri mengatakan jika seluruh masyarakat Indonesia khususnya pekerja berhak mendapatkan perlindungan ketenagakerjaan.

‘Semua masarakat Indonesia mempunyai hak mendapatkan perlindungan ketenagakerjaan yang sama. Begitu pula para TKI yang bekerja di luar negeri dan ini merupakan suatu kesastraan’ ujar Agus saat ditemui di Gedung Busa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa, 4 Juli 2017.

Menurut Agus seluruh tenaga kerja asal Indonesia yang bekerja di luar negeri berhak mendapatkan ansuransi perlindungan jaminan sosial dari BPJS Ketenagakerjaan. Ansuransi perlindungan jaminan sosial ini nantinya akan mengkover para TKI di luar negeri.

Akan diberikan jaminan yang sama dengan empat program yang tertuang dalam undang-undang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN). Keempat program tersebut meliputi jaminan kecelakaan, jaminan kematian, jamina pensiun dan jaminan hari tua (JHT).

Sedangkan menurut Agus keempat jaminan perlindungan sosial tersebut juga berhak dimiliki oleh pahlawan devisa negara yakni TKI yang bekerja di luar negeri. Namun sampai sekarang belum ada informasi pasti kapan jaminan perlindungan sosial terhadap TKI tersebut akan diberikan.

baca juga : Langkah Mudah Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here