PPDB Online Malah Bikin Persulit Orang Tua Siswa?

0
231
Copyright ©Pojok Satu

PPDB Online Malah Bikin Persulit Orang Tua Siswa?

Indowarta.com – Sejumlah orang tua siswa, dan calon siswa, Selasa (4/7) siang bertandang ke sekolah untuk mengikuti pelaksanaan penerimaan peserta didik baru atau PPDB online yang dibuka mulai kemarin. Seperti yang terjadi di SMP Negeri 1 Kota Bekasi, Jawa Barat.

Tampak, sejumlah orang tua siswa mendapatkan pengarahan dari pihak sekolah guna melakukan teknis pendaftaran dengan sistem komputerisasi atau dengan sistem online. Namun para orang tua siswa ini tampak kesulitan dengan sistem PPDB online ini.

Seperti yang telah diketahui, penerimaan peserta didik baru dilakukan secara serentak untuk tingkat SMP, SMA, dan SMK di Kota Bekasi. Proses PPDB ini dibuka mulai tanggal 3-5 Juli 2017.

Baca Juga Siap Dibuka, PPDB Online Jabar Malah Tak Bisa Diakses!

Tak hanya di Bekasi, kepanikan orang tua calon siswa juga terlihat di Bandung lantaran server permintaan peserta didik baru 2017 bermasalah. Banyak orang tua siswa yang mendatangi sekolah untuk sekadar bertanya mengenai pendaftaran PPDB ke jenjang SMA.

PPDB Online
Copyright©radar tarakan

Sri(46) merupakan satu diantaranya, ia mengaku panik saat mencoba mendaftarkan sang anak via PPDB online lantaran tidak terinput terus. Ia sudah mencoba berkali-kali namun tetap gagal.

“Panik lah, dicoba berkali-kali selalu gagal. Saya coba siang, lalu malam, pagi saya coba lagi, tetap gagal,” keluhnya.

Baca Juga Ingat, PPDB Online Tingkat SD-SMP Mulai Dibuka Hari Ini

Lantaran terus gagal, Sri akhrinya memutuskan untuk langsung menadatangi sekolah yang dituju oleh anaknya, yakni SMAN 26 Bandung. Dirinya mengaku lega saat mengetahui kesalahan terletak pada server, bukan pada data sang anak yang diinputnya.

Menurut keterangan dari Kepala Sekolah SMAN 26 Bandung, Warya Aris Purnama, banyak orang tua calon siswa yang mendatangi sekolah dalam keadaan panik lantaran selalu gagal ketika menginput data via PPDB online.

Namun, setelah diberikan penjelasan, para orang tua siswa ini akhirnya mengerti bahwa kegagalan menginput data dikarenakan server memang sedang bermasalah.

Akhirnya, banyak orang tua calon siswa yang memilih untuk mendaftarkan anaknya secara manual dengan mengisi formulir dan memberikan data-data dan dokumen yang diperlukan pada pihak sekolah.

Warya sendiri menganggap PPDB online ini positif lantaran proses pnerimaan calon sisiwa menjadi lebih transparan, hanya disayangkan servernya belum kuat. Namun di sisi lain, tampaknya orang tua justru merasa dipersulit dengan pendaftaran secara online.

Baca Juga PPDB Online Jatim Alami Gangguan Server, Begini Komentar Dindik!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY