Pemerintah Cari Alternatif Baru Selain Palangkaraya untuk Ibu Kota Indonesia!

1
718
Palangkaraya
Copyright©jitunews

Pemerintah Cari Alternatif Baru Selain Palangkaraya untuk Ibu Kota Indonesia!

Indowarta.com– Melalui Bappenas, pemerintah pada saat ini tengah mengkaji mengenai kemungkinan pemindahan ibu kota negara dari Jakarta. Disebut-sebut bahwa Palangkaraya, Kalimantan Tengah ini sudah siap, namun pada saat ini pemerintah masih mencari alternatif yang lainnya.

Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta pada hari Selasa 4 Juli 2017 ini telah mengatakan “Masih studi awal mencari alternatif-alternatif”. Sofyan juga menyebutkan bahwa pada saat ini masih banyak pertimbangan yang terus dikaji oleh pemerintah. Ibu kota yang baru ini harus lengkap dan juga berkelanjutan, tidak hanya memenuhi syarat saja.

Sofyan menjelaskan “Kalau ini kan keputusan administratif Presiden memutuskan. Keputusan jangka panjang implikasinya gitu kan. Oleh karena itu, kita sedang cari tempat”. Sofyan sendiri juga masih belum mau untuk mengungkapkan mengenai kota mana saja yang mulail dikaji lebih dalam oleh pemerintah pada saat ini. Semua itu masih berupa alternatif dan akan dikaji lebih dalam lagi agar bisa mendapatkan tempat yang terbaik.

Wapres Jusuf Kalla

Sofyan mengatakan “Saya kan juga belum boleh saya umumkan dong, tapi kita sedang cari alternatif, tempat di samping Palangkaraya, tempat yang paling sustainable, yang paling bagus”.

Wakil Presiden Jusuf Kalla juga telah menyatakan bahwa wacana pemindahan ibu kota negara pada saat ini masih berupa kajian. Menurut Jusuf Kalla, pemindahan ibu kota ini bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Jusuf Kalla pada saat di kantornya, Jakarta pada hari Selasa 25 April 2017 ini telah mengatakan “Ini bukan pekerjaan mudah. Contohnya saja, pegawai pusat itu dari semua departemen dan lembaga, mendekati kira-kira 800 ribu orang. Itu bagaimana cara memindahkannya”.

Tidak hanya para pegawai saja, Jusuf Kalla juga telah menyebutkan bahwa masalah yang lainnya seperti rumah dan sekolah ini juga harus dipersiapkan jika memang benar pemindahan ibu kota ini akan dilakukan.

Jusuf Kalla mengatakan “Dan bukan saja yang pindah pemerintah. Swasta juga harus pindah. Servisnya harus pindah, bengkel-bengkel mobil mesti ada, servis AC mesti ada, restoran, banyak sekali yang mesti diadakan kalau pindah ibu kota”.

baca juga : 

Presiden Jokowi Makin Buka Bukaan Soal Rencana Pindah Ibu Kota!

1 COMMENT

  1. Banyuwangi kyakx cocok pak.lahan kosong masih luas.Bandara.pelabuhan da ada…perwkonomian maju pesat..tinggal pengembangan infrastruktur pendukung yg lain.kyakx ngk trllu bnyak biaya d banding k luar jawa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here