GoJek Dapatkan Suntikan Dana Lagi Dari China Tencent!

0
739
Gojek
Copyright ©tribunjambi

GoJek Dapatkan Suntikan Dana Lagi Dari China Tencent!

Indowarta.com – Kali ini perusahaan alat transportasi berbasis online yakni GoJek mendapat suntikan dana dari salah satu perusahaan raksasa teknologi asal China. Raksasa China tersebut yakni Tencent Holdings Ltd yang dikabarkan melakukan investasi sekitar 100 juta sampai 150 juta dollar Amerika Serikat (AS).

Kabarnya investasi  yang dilakukan pada perusahaan Gojek ini adalah salah satu sinyal Tencent untuk ikut serta dalam pertumbuhan layanan teknologi kawasan Asia Tenggara. Tak hanya Tencent sebelumnya perusahan teknologi Indoneisa ini juga menerima sejumlah investasi dari beberapa perusahaan ekuitas swasta global.

Sebelumnya Gojek menerima investasi dari perusahaan KKR &Co Lp, Warburg Pincus LLC dan Perusahaan modal venture Sequoia Capital. Saat ini investor eksisting  tengah menjadi incaran perusahan transportasi online ini.

Menurut lansiran dari Reuters Rabu, 5 Juli 2017 menyebutkan jika Gojek dikabarkan mengincar pendanaan dari sejumlah investor sebanyak 1 miliar dollar AS. Salah satu dana investasi tersebut datang dari Tencent yang telah mengelontorkan dana investasi untuk perusahaan ini.

Gojek
Copyright ©kompas

Meskipun begitu Gojek maupun Tencent sendiri enggan berkomentar mengenai investasi tersebut. Namun investasi dari salah satu perusahaan media sosial dan hiburan online terbesar di China ini  menunjukan indikasi jika Tencent ingin hadir di Aisa Tenggara.

Tencent memandang jika kawasan Asia Tenggara nantinya bakal melahirkan banyak perusahan rintisan yang akan naik kelas dengan valuasi tinggi atau sering dikatakan unicorn. Perusahaan asal China ini sendiri mempunyai kapitalisasi pasar hingga 341 miliar dollar AS.

Keberanian perusahaan Tencent untuk berkembang pesat sudah tak bisa diragukan lagi. Tencent sebelumnya juga telah membeli saham perusahaan rintisan permainan asal Singapura Sea Ltd dengan harga mencapai 3,75 miliar dollar AS sekitar bulan Maret lalu. Jadi wajar jika perusahaan yang satu ini menjadi perusahaan yang berhasil dan menjadi yang terbesar di China.

Tak hanya Tencent yang berinvestasi untuk Gojek, namun sejumlah raksasa teknologi China lainnya juga ikut menancapkan kuku mereka di Asia Tenggara. Salah satunya Alibaba Grub Holding Ltd pada beberapa waktu lalu menyatakan akan menambah investasinya menjadi 1 miliar dollar AS pada paritel online Lazada Grub. Maka dari itu saham Alibaba tertancap di kawasan Asia Tengara tepatnya pada Lazada Grub bakal naik 83 persen.

baca juga : Benarkah Bos Alibaba Kucurkan Dana Buat Grab?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here