Berbagai Hal yang Musti Diperhatikan Oleh Ibu Saat Hamil Muda!

0
685
Copyright ©Alodokter

Berbagai Hal yang Musti Diperhatikan Oleh Ibu Saat Hamil Muda!

Indowarta.com – Memasuki masa kehamilan biasanya membuat ibu hamil muda menjadi bingung dan khawatir. Terutama bagi yang pertama kali mengandung. Selain perasaan senang akan hadirnya buah hati dalam keluarga, ibu hamil di usia kandungan yang masih muda biasanya akan cemas dengan perubahan yang terjadi, apalagi secara tiba-tiba gusi anda mengalami pendarahan, normalkah atau tidak anda bisa ketahui di sini.

Cemas dengan segala persiapan yang harus dilakukan dan bingung bagaimana cara menangani semua hal itu. Nah berikut ini kita akan membahas perubahan apa saja yang akan dialami oleh ibu hamil, dan hal yang sebaiknya dilakukan ibu hamil serta caramengatasi perubahan yang dialami.

Perubahan tentu akan terjadi pada tubuh ibu hamil muda di periode trimester I. Karena perubahan yang terjadi itu merupakan peralihan dari tidak hamil ke keadaan hamil, maka ibu hamil akan merasakan perubahan yang drastis.

Baca Juga Berkaca Pada Jet Airways, Inilah Resiko Ibu Hamil Melahirkan Di Pesawat!

Mulai dari sensasi mual, muntah yang menjadi rutinitas sehari-hari sampai rasa mudah lelah dan perubahan mood yang kerap sulit dihindari. Berikut ini bebebrapa perubahan yang sering terjadi pada ibu hamil muda:

Copyright ©pinterest

Pendarahan

Sekitar 25% ibu hamil di usia kandungan yang muda akan mengalami sedikit pendarahan pada trimester pertama. keluarnya sedikit darah dapat menandakan terjadinya implantasi atau menempelnya embrio di dinding Rahim.

Baca Juga Tidur Telentang Berbahaya Bagi Ibu Hamil?

Namun ibu hamil harus waspada jika mengalami pendarahan dalam jumlah banyak disertai nyeri pada perut karena dapat menjadi tanda keguguran atau kehamilan di luar Rahim.

Payudar4 membesar

Pada trimester I, perubahan tubuh yang cukup signifikan adalah dada yang membesar. Hal ini terjadi karena pengaruh hormon yang mempersiapkan ibu untuk masa menyusui. Pembesaran ini diikuti oleh rasa nyeri.

Konstipasi

Pada masa kehamilan, pergerakan usus akan lebih lambat dari waktu sebelum hamil. Ini karena banyaknya hormon progesterone yang mempunyai efek menurunkan kontransi atau pergerakan otot pada dinding usus.

Hati-Hati : Infeksi Gigi Berlubang Pada Ibu Hamil Berisiko Pecah ketuban Lho!

Belum lagi nutrisi zat besi yang harus ibu hamil konsumsi akan menambah kemungkinan terkena konstipasi. Maka dari itu pastikan mengkonsumsi serat dan air dalam jumlah yang cukup, bagi anda yang ingin mencari referensi makanan apasajakah itu bisa disimak ulasannya pada link Asupan makanan penting untuk dikonsumsi ibu hamil berikut ini.

Mual muntah dan Morning sickness

Ini meurpakan gejala yang terjadi pada 85% ibu hamil muda. Morning sickness terjadi karena perubahan hormone pada kehamilan dan dapat berlangsung sampai hendak memasuki trimester ke II. Biasanya ibu hamil akan mengalami mual setiap pagi, bahkan muntah setiap hari.

Baca Juga Manfaat Puasa Untuk Ibu Hamil Menurut Dr Boyke!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY