Peluang Palangkaraya Jadi Ibu Kota Indonesia Gantikan Jakarta!

0
983
Palangkaraya
Copyright©sindonews

Peluang Palangkaraya Jadi Ibu Kota Indonesia Gantikan Jakarta!

Indowarta.com– Pemerintah kini telah melakukan kajian mengenai gagasan untuk memindahkan ibu kota negara dan juga pusat pemerintahan pada saat ini dari Jakarta ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Usulan itu pun pada saat ini masih dipertimbangkan lagi oleh Badan Perencanaan Nasional atau Bappenas. Walaupun begitu, Menteri Agraria dan Tata Ruang yakni Sofyan Djalil telah mengatakan bahwa pihaknya kini masih mencari alternatif daerah yang lain selain Palangkaraya.

baca juga : Kalimantan Tengah Sudah Siapkan Lahan 300.000 Hektar Guna Pindah Ibu Kota Ke Palangkaraya!

Sofyan Djalil, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta pada hari Selasa 4 Juli 2017 ini telah mengatakan “Masih studi awal mencari alternatif-alternatif”. Sofyan sendiri juga mengatakan bahwa masih banyak lagi pertimbangan yang pada saat ini masih akan terus dikaji oleh pemerintah. Ibu Kota baru ini harus lengkap dan bisa berkelanjutan, tidak hanya memenuhi syarat sesaat saja.

Sofyan menuturkan bahwa ini merupakan salah satu keputusan administratif presiden yang merupakan keputusan jangka panjang implikasinya. Oleh sebab itu pihaknya sedang mencari tempat.

Palangkaraya
Copyright©sidomi

Dosen Arsitektur sekaligus penulis buku Sukarno dan Desain Rencana Ibu Kota RI di Palangkaraya yakni Wijanarka telah mengatakan bahwa pada saat muncul ide untuk memindahkan ibu kota di era Presiden Soekarn dulu, Palangkaraya bukan menjadi satu-satunya tempat yang telah diusulkan.

baca juga : Pemerintah Cari Alternatif Baru Selain Palangkaraya untuk Ibu Kota Indonesia!

Wijanarkan pada saat berbincang dengan salah satu awak media pada hari Rabu 5 Juli 2017 ini telah mengatakan “Ada beberapa alternatif, ada beberapa yang diusulkan. Meski tidak didetailkan, ada usulan ibu kota dipindah ke Sulawesi, Sumatera, bahkan di Jawa sendiri”.

Menurut salah satu dosen Universitas Palangkaraya ini, jika berbicara mengenai Palangkaraya, akan ada dua sudut pandang yakni Palangkaraya secara kawasan perkotaan dan Palangkaraya secara administarsi kota.

Wijanarkan mengatakan “Secara administrasi, kota Palangkaraya memiliki luas wilayah sekitar 2.400 km persegi. Kawasan terbangun 50 km persegi. Jadi masih sangat kecil, kira-kira baru 10 kilo jalan utama. Jadi, secara luasan masih sangat luas, masih punya peluang (jadi ibu kota),”.

Alasan dari Soekarno telah memilih Palangkaraya pada saat itu adalah karena letak Kalimantan yang berada di tengah NKRI sebelum Papua masuk menjadi bagian dari NKRI. Selain itu Palangkaraya ini juga tidak dililntasi patahan yang bisa menyebabkan gempa.

baca juga : 

Fadli Zon Sebut Pemerintah Hanya Mimpi Soal Pemindahan Ibu Kota Ke Palangkaraya!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY