Berita Terkini: Pemindahan Ibu Kota Akan Pakai dana Swasta?

0
1771
Pemindahan Ibu Kota
Copyright©kompas

Pemindahan Ibu Kota Akan Pakai dana Swasta?

Indowarta.com –  Kini kabar pemindahan Ibu Kota negara Indonesia dari Jakarta ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah semakin kuat terdengar. Pemindahan Ibu Kota ini masih dalam pengkajian Badan Perencanaan Pembanguna Nasional (Bappernas).

Bappernas mengkaji dua hal yang uatama dalam Pemindahan Ibu Kota ini yakni mengenai total pembiayaan dan skema pembiayaan. Kepala Bappernas Bambang Brodjonegoro menuturkan jika pemerintah sendiri menginginkan pembiayaan menggunakan anggraan pendapatan belanja negara (APBN) seminimal mungkin.

Dengan pernyataan tersebut pemerintah sendiri nantinya akan mendorong sektor perusahaan swasta ikut dalam pendanaan rencana ini. ‘Saat ini kami sedang menyusun skema pebiayaan yang dibutuhkan. Pokoknya skema yanag diinginkan pemerintah melibatkan pendanaan dari setiap badan usaha’ ujar Bambang saat ditemui di Jakarta pada Rabu, 5 Juli 2017.

Bambang menjelaskan jika dalam skema penyusunan pembiayaan tersebut natinya juga akan diatur skema kepemilikan tanah. Dia mengatakan jika saat ini pemerintah tengah mecari lokasi yang cocok untuk ibu kota baru dan lokasi tersebut tanahnya merupakan milik pemerintahan.

Pemindahan Ibu Kota
Copyright©patriot nkri

Diakatakan Bambang jika pemerintah tak akan melakukan kebijakan Pemindahan Ibu Kota jika nantinya pemerintah diharuskan membeli tanah. ‘Kami tak akan melakukannya jika pemerintah diharuskan membeli tanah atau ganti rugi untuk ibu kota yang baru ini’ ujarnya.

Tidak dijelaskan secara detail mengenai kemungkinan insentif pembiayaan oleh pihak swasta maupun peran swasta untuk membangun infrastruktur di tempat ibu kota baru Indonesia nantinya.  Namun Bambang sendiri kembali menegaskan jika rencana ini masih dalam kajian pihaknya.

Setelah kajian selesai dan memenuhi syarat dipastikan pusat pemerintahan akan dipindahkan ke luar pulau Jawa. Hal tersebut dilakukan pemerintah untuk mengupayakan pemerataan pembangunan antara pualu Jawa dengan pulau luar Jawa.

Bambang juga mengatakan jika lokasi Pemindahan Ibu Kota sendiri juga masih dalam tahap pengkajian. Dia sempat menyebutkan Pulau Kalimantan akan menjadi ibu kota yang baru menggantikan ibu kota Jakarta. Sedangkan Presiden RI petama Ir Soekarno juga pernah menggagas jika ibu kota di pindah ke Palangkaraya.

Jika terealisasi pemindahan pusat pemerintaahan ini dipastikan tak juga akan memindah pusat bisnis dan nantinya akan tetap berada di Jakarta. Bappernas sendiri menargetkan kajian mengenai pemindahan ibu kota ini selesai tahun ini dan pemindahan dapat dilakukan pada tahun depan.

baca juga : Peluang Palangkaraya Jadi Ibu Kota Indonesia Gantikan Jakarta!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY