LBH Jakarta Sebut Kaesang Sebagai Korban Kriminalisasi!

0
388
Kaesang
Copyright ©nasionalkompas

LBH Jakarta Sebut Kaesang Sebagai Korban Kriminalisasi!

Indowarta.com – Kabar sebelumnya menyebutkan jika seorang telah melaporkan Kaesang Pangarep putra Sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke pihak kepolisian terkait penodaan agama dan ujaran kebencian. Namun LBH Jakarta menilai jika pengaduan kritik Kaesang ke kepolisian merupakan bentuk kriminalisasi dari pasal penodaan agama.

Mengenai hal ini juga dijelaskan oleh Pengacara Publik LBH Jakarta Pratiwi Febry. Dia mengatakan jika pengaduan hukum terhadap Kaesang ini menunjukan imbas dari pasal penodaan agama yang tertera di KUHP dan menganggap jika putra Presiden Jokowi dikriminalisasi oleh pasal tersebut.

Sebelumnya seoranag warga Bekasi atas nama Muhammad Hidayat melaporkan Kaesang Pangarep karena diduga telah melakukan penodaan agama. Laporan tersebut dibuat berdasarkan bukti pada video yang menunjukan kritikan Kaesang di media sosial dengan menyebut mengkafirkan orang lain.

Kaesang juga diaporkan ke Polres Metro Bekasi terkait kata ‘ndeso’ yang diduga melecehkan golongan tertentu. Namun belum diketahui dengan pasti apakah Kaesang yang disebutkan dalam laporan itu adalah benar Kaesang Pangarep putra Presiden Jokowi atau bukan.

Kaesang
Copyright©CNN Indonesia

Dengan kejadian ini Pratiwi menuturkan jika semua orang bisa saja terkena pasal penodaan agama baik kalangan bawah maupun kalangan atas. ‘Kejadian ini menunjukan jika semua orang dan siapapun orangnya bisa saja terkena pasal penodaan agama’ ujarnya pada Kamis, 6 Juli 2017.

Kejaidan ini mengingatkan kepada kasus mantan gubernur DKI Jakarta Basuki Thahaja Purnama alias Ahok. Pada kasus Ahok ini merupakan pematik kemabali peggunaan pasal penodan agama yang kerap dinilai tak sesuai dengan negera Indonesia.

Pratiwi menyebutkan jika pihaknya telah meminta pemerintah dan DPR untuk mengkaji ulang mengenai pasal penodan agama tersebut. Seperti diketahui jika Ahok divonis karena terbukti melakukan penodaan agama terkait dengan surat Al-Maidah.

Sepertinya kejadian ini akan terulang dengan adanya pelaporan yang menggait Kaesang yang dianggap telah melakukan penodaan agama. Muhammad Hidayat melaporkan Kaesang pada Minggu 2 Juli 2017 kemarin ke Polres Metro Bekasi. Pria ini membuat laporan karena terkait dengan dugaan ujaran kebencian dan SARA yang ada dalam unggahan video di Youtube yang berjudul #BapakMintaProyek.

baca juga : Kalimat di Vlog Kaesang yang Dilaporkan Ke Polisi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here