Masalah yang Dihadapi Palangkaraya Jika Nanti Dijadikan Ibu Kota Indonesia!

0
802
Palangka Raya
Copyrigth©getborneo

Masalah yang Dihadapi Palangkaraya Jika Nanti Dijadikan Ibu Kota Indonesia!

Indowarta.com – Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan wacana pemindahan ibu kota negara keluar pulau Jawa. Kabar yang kini tengah gencar diperbincangkan yakni mengenai lokasi pemindahan ibu kota baru tersebut. Sempat dikabarkan jika pusat pemerintahan akan dipindahkan ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Kota Palangkaraya sendiri menurut pengamat tata kota, Nirwono Yoga selama ini memang gencar diberitakan akan menjadi ibu kota baru. Namun dia menyebutkan jika pemilihan salah satu kota di Kalimantan Tengah ini juga tidak terbebas dari masalah terutama berkaitan dengan konidisi alam.

Jika faktor pemindahan ibu kota dari Jakarta karena kondisi kota metropolitan tersebut mancet dan panas maka hal serupa juga bisa jadi akan terjadi di Palangkaraya. ‘Jika alasannya mancet dan banjir tempat lain pun juga tidak akan menjamin tidak ada masalah tersebut. Bagaimana kalau Palangkaraya dua atau tiga tahun lagi banjir?’ ujarnya pada Kamis 6 Juli 2017.

Menurutnya Palangkaraya juga memiliki problem tersendiri terkait dengan keadaan alamnya. Seperti halnya yang sering terjadi  yakni kebakaran hutan dan dampak akibat asap kebaaran hutan tersebut yang sagat menjadi masalah yang sering kali muncul di pulau Kalimantan.

Palangkaraya
Copyright©ruanghati

Selain asap akibat kebakaran hutan Nirwono mengatakan jika cuaca di kota ini dinilai cukup ekstrem sehingga disebut-sebut dapat mengganggu jadwal penerbangan. ‘Kebakaran hutan sering terjadi dan asapnya menjadi masalah. Kemudian perubahan cuaca ekstrem juga sering kali mengganggu penerbangan’ sambungnya.

Sementara itu cukup diketahui jika Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappernas) terus melakukan pengkajian terkait pemindahan pusat pemerintahan yang baru ini. Bappernas hingga kini tengah melakukan pengkajian mulai dari pembiayaan pemindahan ibu kota hingga lokasi yang akan digunakan.

Basuki Hadimuljono selaku Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat juga angkat bicara terkait hal ini. Dia mengatakan selain Palangkaraya ada dua lokasi lagi yang tengah dikaji oleh Kementerian Bappernas yakni Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

Bappernas sendiri menargetkan pengkajian akan selesai pada tahun ini dan tahun 2018 pemindahan ibu kota sudah bisa dilakukan. Untuk hasil kajian sendiri akan dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah orang nomer satu di Indonesia tersebut kembali dari kunjungan kenegaraan ke Turki dan KTT G20 di Hamburg, Jerman.

baca juga : Berita Terkini: Pemindahan Ibu Kota Akan Pakai dana Swasta?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here