Usai Insiden Istri Pejabat Tampar Petugas Bandara, Menhub Keluarkan Surat Edaran Minta Petugas Bandara Sopan!

1
1495
Menhub
Copyright ©redaksi

Usai Insiden Istri Pejabat Tampar Petugas Bandara, Menhub Keluarkan Surat Edaran Minta Petugas Bandara Sopan!

Indowarta.com – Kali ini Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi ikut menanggapi kejadian isitri pejabat tampar petugas bandara yang terjadi kemarin Rabu, 5 Juli 2017. Menhub melalui Derektorat Jenderal Pehubungan Udara telah mengirimkan surat edaran yanag ditujukan kepada pengelola bandara.

Surat tersebut diterbitkan Menhub terkait standart operasional procedure (SOP) pelayanan aviation security (Avsec) terhadap calon penumpang pesawat. Tindakan tersebut dilakukan menyusul kejadian penamparan yang dilakukan oleh  Joice Warow (46 tahun) terhadap dua petugas bandara berinisial EW dan AM.

Joice Warow sendiri merupakan istri Brigadir Jenderal Sumapouw yang diketahui menampar petugas Avsec saat akan diperiksa di Bandara Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara pada Rabu, 5 Juli 2017 kemarin. Sedangkan dalam surat edaran tersebut berisikan perintah terhadap pengelola bandara untuk meningkatkan kesopanan ketika melayani calon penumpang.

‘Ada insiden kemarin di frontliner yang dialami oleh petugas aviation security. Menanggapi hal ini saya menugaskan Dirjen untuk mengirimkan surat edaran sesuai SOP terkait kesopanan yang harus dijaga oleh petugas bandara’ ujarnya saat ditemui di Kompleks Parlemen Senayan usai rapat kerja dengan Komisi Infrastruktur dan Transportasi pada Kamis,6 Juli 2017.

Menhub
Copyright ©tabloid bintang

Dalam rapat yang diadakan Menhub tersebut juga dihadiri oleh salah satu anggota Komisi, Hatta. Dia mengatakan jika kejadian di bandara tersebut sempat menghebohkan karena istri jenderal bintang satu itu melakukan pemukulan.

Namun disisi lain dari kejaidan ini juga membuat evaluasi terkait standart penindakan pegawai avsec yang mungkin melakukan tindakan pelayanan kurang sopan. Hatta mengatakan jika perlu adanya etika yang harus dibina karena para pegawai tersebut melayani calon penumpang pesawat yang memiliki pemikiran berbeda-beda.

‘Kami memuji aturan yang tegas yang diberlakukan oleh pihak bandara dengan memriksa secara ketat calon penumpang. Namun kami juga minta ditindak dan etika harus dibina dengan baik untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kerena mereka para pegawai melayani manusia yang berbeda pemikiran’ ujarnya.

Kemudian saat itu kepada Menhub dia juga menceritakan pengalaman lain di bandara Soekarno-Hatta Cengkareng yakni tepatnya pada bagian terminal 1 dan 2. Pada pengecekan pertama calon penumpang tidak diminta membuka jaket tapi hanya membuka alroji dan ikat pinggang. Pada pengecekan yang ke dua penumpang baru diminta membuka jaket, jam tangan dan ikat pinggang.

baca juga : Joice Warouw, Istri Jenderal yang Tampar Petugas Bandara Coreng Bintang Di Pundak Suami!

1 COMMENT

  1. Petugas bandar itu sok menjadi orang penting dan banyak yang tidak sopan. Wajar saja ada yang nampar…syukurin loooh…

LEAVE A REPLY