Dua Korban Tewas Akibat Gempa 6.5 SR di Filipina!

0
106
Gempa
Copyright©global

Dua Korban Tewas Akibat Gempa 6.5 SR di Filipina!

Indowarta.com –  Kali ini Gempa kembali terjadi yakni tepatnya melanda negara Filipina bagian tengah. Dalam kejadian ini setidaknya ada dua orang tewas dan membuat banyak orang mengalami luka-luka akibat terkena reruntuhan bangunan.

Selain itu Gempa berkekuatan 6,5 skala richter (SR) ini juga membuat lebih dari lima orang lainnya saat ini dilaporkan terjebak dalam sebuah gedung yang roboh. Menurut informasi mengatakan jika seorang gadis berusia 18 tahun tewas setelah tertimpa bangunan di Ormoc City, Pulau Leyte yang berada dekat dengan pusat gempa.

Kemudian korban akibat gempa Filipina lainnya juga ditemukan dalam kondisi terkubur di reruntuhan gedung lantai tiga di Kota Kanangan. Terlihat dalam gedung yang juga berada di Pulau Leyte tersebut ditemukan satu korban tewas tertimbun reruntuhan bangunan.

Dari lokasi yang sam petugas berhasil mengevakuasi 8 korban dalam kondisi selamat. Hal ini dijelaskan oleh Wakil Wli Kota Kananga, Elmer Codilla saat diwawancarai oleh wartawan. ‘Delapan korban berhasil dievauasi dalam konsisi hidup. Semua korban selamat langusng dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan’ ujarnya.

Gempa
Copyright©detik

Namun meskipun begitu Codilla tidak menjelaskn lebih lanjut mengenai bagaimana kondisi terakhir korban selamat usai Gempa yang mengguncang kota tersebut. Dia hanya menjelaskan jika ada dua korban yang sempat mengirimkan pesan singkat melalui ponsel pribadinya dari balik reruntuhan untuk meminta bantuan.

Menurutnya saat ini masih ada sekitar enam hingga tujuh orang yang masih berada dalam gedung. Duektahui diantara korban yang tidak lebih dari 10 orang tersebut terdapat dua anak-anak yang sudah diketahui posisinya oleh petugas penyelamat. Namun kedua anak tersebut belum bisa diselamatkan karena kondisi mereka tertimbun bangunan gedung.

Sementraa itu Gubernur Provisnis Leyte, Dominco Petilla juga angkat bicara terkait Gempa ini. Di mengatakan jika sejumlah petugas penyelamat, ambulans dan alat berat telah dikerahjkan untuk mengevakuasi korban. Semua elemen penyelamat korban gempa itu telah dikerahkan ke Kota Kenanga yang terletak di pegunungan serta perpenduduk sebanyak kurang lebih 50 ribu jiwa.

Menurut hasil laporan tim Geologi Amerika Serikat (USGS) menyebutkan jika gempa ini berpusat di Pulau Leyte. Pusat gempa terletak di lokasi yang berjarak 580 kilometer dari ibu kota Manilla dan kedalam gempa 6 kilometer dari permukaan laut.

baca juga : Masalah yang Dihadapi Palangkaraya Jika Nanti Dijadikan Ibu Kota Indonesia!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY