Mendikbud Tegaskan Tak Ada Program Full Day School!

0
1005
Copyright ©harianterbit

Mendikbud Tegaskan Tak Ada Program Full Day School!

Indowarta.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menjanjikan Rp 250 juta bagi wartawan yang berhasil menemukan dokumen resmi pengajuan full day school. Hal itu menanggapi publik yang menyamakan kbijakan lima hari sekolah dengan full day school (FDS).

Muhadjir mengadakan sayembara bagi wartawan yang berhasil menemukan dokumen resmi Kemendikbud soal FDS. Ia akan menyiapkan hadiah uang sebesar Rp 250 juta dimana uang tersebut adalah uang pribadinya.

Ia mengatakan, sayembara itu merupakan bukti bahwa Kemendikbud memang tidak pernah mengajukan konsel FDS kepada Presiden Jokowi. Menurutnya, konyol menerjemahkan kebijakan LHS menjadi FDS. Alasannya, Kemendikbud hanya mengajukan konsep sekolah dengan menjadikan karekter sebagai pusatnya belajar.

Baca Juga Bukan Dihapuskan, Pendidikan Agama di Sekolah Malah Akan Diperkuat Oleh Mendikbud!

Atau KTSP hanya untuk memperkuat saja, karena itu namanya PPK (penguatan pendidikan karakter). Mendikbud mengatakan ia tak ada niat membuat sekolah seperti full day school.

Full Day School
Copyright©lensaindonesia

Muhadjir yang merupakan mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang mberpendapat dengan porsi pendidikan karakter 70 persen dan sudah berjalannya kurikulum 2013, memrlukan kebijakan baru untuk penguatan pendidikan karakter tanpa mengubah kurikulum yang sudah berjalan.

Dia juga menegaskan, penerapan delapan jam di sekolah juga bukan berarti belajar dikelas selama delapan jam, melainkan diisi dengan kegiatan lain di tempat lain.  Menurutnya memaksakan anak didik belajar delapan jam di sekolah tidak sesuai aturan dan tidak efektif.

Baca Juga Kemendikbud Ajak Anak Tak Sekolah Untuk Kembali belajar!

“Delapan jam di sekilah, di kelas, jangankan anak-anak, guru juga nggak kuat,” tegasnya.

Selain itu, ia juga mengatakan, konsep full day school dapat dilakukan apabila ada pemerintah daerah yang berinisiatif membangun. Menurutnya, siapapun menteri pendidikan akan berencana menerapkan konsep FDS secara nasioanl dan berlaku umum.

Seperti kabar yang beredar sebelumnya, Mendikbud Muhadjir Effendy menegaskan pemerintah melalui Kemendikbud tidak ada rencana untuk membuat program sekolah satu hari penuh.

Polemik kebijakan lima hari sokolah atau full day school di kalangan masyarakat kian memanas. Masyarakat merasa kecewa dengan ngototnya Mendikbud atas kebijakan tersebut. Padahal Muhadjir sendiri berusaha meyakinkan pemerintah tidak ada rencana membuat program tersebut.

Bahkan dia berusaha meyakinkan dengan meminta wartawan untuk mengecek dokumen atau anggaran yang menjadi bukti aanya program full day school.

Baca Juga Kemendikbud Tegaskan Penerapan Sistem Sekolah 8 Jam Sehari Akan Diberlakukan Secara Bertahap!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here