Syarat dan Cara Daftar BPJS Kesehatan yang Musti Anda Kuasai!

0
1381
BPJS Kesehatan
Copyright©bidikbanten

Syarat dan Cara Daftar BPJS Kesehatan yang Musti Anda Kuasai!

Indowarta.com – BPJS Kesehatan atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan sudah resmi didirikan sejak 1 Januari 2014 setelah sebelumnya bernama Askes (Ansuransi). Maka dari itu perlu diperhatikan bagi calon peserta yang ingin menggunakan Cara Daftar BPJS Kesehatan.

Seperti biasa pendaftaran pastinya tidak asing lagi dengan kata mengantri apalagi awal-awal peresmian. Maka dari itu tidak heran jika masih banyak masyarakat yang belum melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan dikarenakan alasan antrian yang menyita banyak waktu.

Namun Cara Daftar BPJS Kesehatan sendiri sepertinya banyak masyarakat yang belum paham betul. Sebelum dijelaskan langkah-langkah pendaftaran mungkin dari banyak orang yang sudah terdaftar maupun belum terdaftar masih bingung dengan maksud JKN dan BPJS Kesehatan.

JKN sendiri merupakan singaktan dari Jaminan Kesehatan Nasional yang menjadi program pelayanan kesehatan dari pemerintah dengan mengusung sistem asuransi. Dengan ini masyarakat Indonesia yang sudah terdaftar nantinya diwajibkan menyisihkan sebagian penghasilan mereka dalam bentuk asuransi yang akan menjamin kesehatan mereka.

BPJS Kesehatan
Copyright©bidikbanten

Sedangkan BPJS adalah singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang mempunyai dua jenis yakni BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. BPJS Kesehatan sendiri bukan hal yang baru karena ini merupakan pengganti Askes yang hampir sama kegunaannya.

Cara Daftar BPJS Kesehatan  sendiri dapat dilakukan dengan dua cara yakni secara konvensional (offfline) dan dengan cara online. Cara konvensional sendiri artinya pendaftar harus datang langsung ke kantor BPJS terdekat dengan konsekuensi mengantri.

Kemudian cara online yakni mendaftar secara langsung namun melalui situs resmi BPJS Kesehatan. Persyaratan yang harus disiapkan untuk mendaftar yakni Kartu Keluarga (KK), KTP yang masih berlaku, Kartu NPWP, Alamat Email, Nomer HP dan Nomer Rekening yang akan digunakan untuk membayar iuran.

Cara Daftar BPJS Kesehatan dapat dilakukan dengan memperisapkan persyaratan yang sudah ditetapkan tersebut. Setelahnya buka alamat resmi di bpjs-kesehatan.go.id dan cari menu pendaftaran online e Registration di pojok kiri atas. Setelah mengeklik akan ditampilkan halaman dimana dijelaskan persyaratan yang harus disiapkan.

Kemduian setelahnya akan muncul form pendaftaran yang mengharuskan Anda untuk mengisinya. Setelah mengisi form yang berisikan data pribadi Anda berarti sudah selesai pendaftaran dan tinggal mengekllik daftar. Jangan lupa meyertakan alamat kantor cabang BPJS terdekat kota Anda untuk mengambil kartu BPJS yang sudah jadi.

baca juga : Iuran BPJS Kesehatan Ini Bingungkan Pegawai!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here