Jusuf Kalla Sebut Pemindahan Ibu Kota Butuh Persiapan Selama 10 Tahun!

0
594
Wapres Jusuf Kalla

Jusuf Kalla Sebut Pemindahan Ibu Kota  Butuh Persiapan Selama 10 Tahun!

Indowarta.com– Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) tengah melakukan pengkajian terhadap rencana pemindahan pusat pemerintahan. Salah satu kota yang kini telah menjadi salah satu kandidat pengganti DKI Jakarta adalah Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Wakil Presiden Jusuf Kalla ini telah mengingatkan bahwa pemindahan Ibu Kota ini bukan merupakan sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Dirinya mengatakan bahwa paling tidak pemindahan ibu kota ini akan membutuhkan waktu hingga 10 tahun untuk persiapan.

baca juga : Pemerintah Cari Alternatif Baru Selain Palangkaraya untuk Ibu Kota Indonesia!

JK di Istana Wapres, Jakarta pada hari Jumat 7 Juli 2017 ini telah mengatakan “Negara-negara lain itu butuh persiapan lama, 10 tahun persiapannya karena kita tidak bisa pindah sebelum semua lengkap”. JK melanjutkan bahwa persiapan ini pun harus matang juga meliputi lokasi dan bangunan seluruh kantor pusat pemerintahan, termasuk juga gedung DPR, Markas Besar Polri dan TNI.

JK menuturkan “Tidak mungkin hanya dua departemen saja pindah ke sana, ke Kalimantan. Enggak mungkinlah mesti lengkap betul baru pindah, karena saling berhubungan pemerintah ini. DPR musti pindah, karena bagaimana kalau tidak pindah”.

Tidak hanya itu saja, fasilitas perumahan untuk para pegawai pemerintah ini pun juga harus dipindahkan juga. Hal ini juga memerlukan pemikiran yang matang. JK telah menyebutkan bahwa jika memang benar pemindahan ibu kota ini akan direalisasikan, maka pemerintah ini perlu untuk menyediakan kurang lebih 900 ribu unit rumah untuk para pegawai pemerintahan. Hal ini juga masih belum termasuk fasilitas umum seperti seklah, rumah sakit, transprotasi dan juga yang lainnya.

baca juga : Kalimantan Tengah Sudah Siapkan Lahan 300.000 Hektar Guna Pindah Ibu Kota Ke Palangkaraya!

Jusuf Kalla mengatakan “Jadi mesti lengkap baru pindah dan itu butuh rumah 900 ribu rumah, sekolahan, segala macam, jalan, bandara internasional”. Selain itu Jusuf Kalla juga mengatakan bahwa apabila alasan dari pemindahan ibu kota ini karena Jakarta Macet, sebaiknya ini diurungkan dulu. Menurut Jusuf Kalla, hal ini tidaklah tepat.

Jusuf Kalla mengatakan bahwa justru seharusnya pembangunan MRT dan LRT ini dipercapat. Selain itu juga harus perbanyak lagi kendaraan umum massal yang memadai.

baca juga : 

Peluang Palangkaraya Jadi Ibu Kota Indonesia Gantikan Jakarta!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here