Bawa Anak Mantu Lengkap dengan Cucu Ke Jerman, Jokowi Dinilai Kurang Etis!

0
3889
Copyright ©Liputan6

Bawa Anak Mantu Lengkap dengan Cucu Ke Jerman, Jokowi Dinilai Kurang Etis!

Indowarta.com – Pada kunjungan kerjanya ke Turki dan Jerman, Presiden Jokowi tak sendirian. Ia turut memboyong keluarganya. Tak hanya sang istri, Iriana, mantan Wali Kota Solo ini juga membawa ketiga anaknya, yakni Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep.

Rupanya, orang nomor satu di Indonesia ini juga mengajak sang menantu yang merupakan istri Gibran, Selvi Ananda. Begitu juga anak Gibran dan Selvi, Ethes, yang kini masih berusia satu tahun empat bulan yang juga diboyong.

Aksi Jokowi membaoyong keluarganya dalam kunjungan kerja itu ditanggapi oleh Deputi Sekjen Forum Indonesia Untuk Tranparansi Anggaran (FITRA) Apung Widadi. Ia menilai kunjungan kerja dan mengajak keluarganya atas biaya negara itu dinilai merupakan pemborosan anggaran negara.

“Itu pemborosan keuangan negara. Ini bertolak belakang dengan citra Jokowi yang sederhana kemaring. Pencitraan Jokowi tepatnya,” ujar Apung pada Jumat 7 Juli 2017.

Copyright ©Tribunnews

Apung mengatakan, seharusnya Presiden hanya membawa Ibu Negara dalam kunjungan kerja ke luar negeri itu. sebab, Iriana yang mendampingi kegiatan Kepala Negara. Sedangkan keluarga yang lain seperti anak, menantu, dan cucu, tidak ikut mendapingi. Ia menilai Presiden tidak mampu memberikan teladan kesederhanaan.

Senda dengan Apung, Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago menilai mantan Gubernur DKI Jakarta itu tidak memberikan contoh yahg baik kepada rakyat. Menurutnya, saat ini masyarakat semakin sulit, biaya hidup makin tinggi, namun hal itu tidak berlaku bagi pejabat negara, sehingga ini seperti hanya berlaku bagi rakyat kecil.

Sementara itu, politisi Partai Demokrat Rachland Nashdik menyindir Jokowi melalui akun Twitter pribadinya. Ia mengaitkan kunjungan Presiden dan keluarga ke Jerman dengan kunjungan beberapa hari sebelunmnya, yakni ke Kebun Binatang Ragunan.

Melalui akun @ranabaja Rachlan menuliskan, “Pak Jokowi punya cara unik mendidik keluarganya. Kemarin ke Ragunan nonton Gorila. Kini boyong anak menantu cucu pelesir dibiayai negara”. Tak hanya itu, ia kemudian melanjutkan cuitannya itu dengan sindiran.

“Kenapa Kebaran bawa keluarga ke Ragunan, Jokowi menjawab: ‘tiketnya murah’. Kalau bawa keluarga pelesir dengan biaya negara? Tiketnya gratis”.

Pihak Istana Kepresidenan sendirienggan menanggapi berbagai kritikan yang menerpa Presiden. Staf Khusus Presiden bidang Komunikas Johan Budi mengaku tidak bisa berkomentar karena tidak ikut dalam kunjungan ke Turki dan Jerman.

Jawaban serupa juga disampaikan oleh Kepala Staf Kepresidenann Teten Masduki. Ia tak mau angkat bicara lantaran tidak ikut dalam rombongan yang berangkat.

Baca Juga Walau Sudah Rp 3. 3.672 Triliun, Jokowi Masih berani Tambah Utang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here