Jalur Selatan Jawa Dipersiapkan Guna Mudik Lebaran Tahun Depan!

0
952
Copyright ©Gatra

Jalur Selatan Jawa Dipersiapkan Guna Mudik Lebaran Tahun Depan!

Indowarta.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono mengatakan, dalam mempersiapkan jalur selatan Jawa untuk mudik lebaran tahun depan, Kementerian PUPR telah mempersiapkan perencanaan yang matang dan bekerja jauh hari sebelum musim mudik lebaran tiba.

Selain kesiapan sarana dan prasarana, kelancaran arus mudik juga ditentukan oleh faktor lain, yakni regulasi, rekayasa lalu lintas dan prilaku pengendara sendiri.

Dalam rangka pelayanan mudik tahun 2018 mendatang, Kemnterian PUPR akan meningkatkan pelayanan jalan di jalur selatan Jawa terutama di beberapa titik yang kemarin sering terjadi kemacetan.

Baca Juga Kemen PUPR Siap Buka Jalur Untuk Mudik Bila Macet Kian Parah!

Terutama di Underpass Nagreg, sehingga perlu dicarikan solusi yang tepat untuk memecah kemacetan itu dengan membuat jalur alternatif baru.

Copyright ©Tempo

Jalur alternatif yang akan dibangun yakni dari Ciawui-Cikijing lalu masuk Jalan Lingkar Jatigede-Sumedang-Bandung. Basuki mengatakan sudah ada desainnya dan akan segera dileleang. Ia berharap tahun depan sudah dapat dimanfaatkan saat mudik.

Selain mengatasi kemacetan di jalur Nagreg, Kementerian PUPR juga akan menyiapkan jalur alternatif lain seperti jalur Limbangan-Gentong yang berada di lintas tengah Jawa Barat. Sedangkan untuk jalur altrnatif lain adalah terutama di jalur Krukut, Purwokerto, Patakan hingga Temangggung juga akan disiapkan rencananya lebih baik lagi.

Sedangkan untuk jalur Tol Trans Jawa, kementerian PUPR akan memfokuskan untuk menyelesaikan ruas Brebes Timur-Gringsing hingga Semarang dengan 4 jalur yang diap dilalui meskipun blum dioperasikan sepenuhnya.

Baca Juga Mudik 2017: Waspada Titik Rawan Kemacetan di Jawa Barat!

Basuki juga mengatakandalam menyiapkan jalur selatan Jawa untuk mudik tahun depan, pihaknya selalu melakukan perencanaan matang dengan memperbanyak jalur alternatif, menyiapkan rest area sampai menyiapkan kantong parkir atau parking bay di beberapa titik jalan tol.

Di luar Jawa, arus mudik tahun ini Kementerian PUPR menyiagakan underpass mandai sepanjang 1050 meter untuk mencegah kemacetan antara Makassar, Maros dan kawasan sekitarnya.

Sedangkan di jalur selatan Jawa, Kementerian PUPR lebih memfokuskan pada pelebaran jalan di Pansela untuk jalur altrnatif dari Cilacap-Jladri-Karangbolong-Yogya. Jalan tersebut berhasil memecahkan arus lalu lintas tujuan Yogya yang menggunakan jalur Purwokerto-Kebumen-Purworejo-Yogya.

Baca Juga: Inilah Ruas Tol Trans Jawa yang Dibuka Gratis Selama Mudik 2017!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here