Eva Ekeblad, Sosok Misterius yang Muncul di Halaman Google Hari Ini!

0
326
Eva Ekeblad
Copyright ©google

Eva Ekeblad, Sosok Misterius yang Muncul di Halaman Google Hari Ini!

Indowarta.com – Laman mesin pencarian tersebesar di dunia yakni Google selalu menampilkan ilustrasi gambar peringatan atau mengenang sosok penting di dunia. Kali ini pada Senin, 10 Juli 2017 laman Google Doodle menampilkan ilustrasi telenan dengan potogan kentang di atas membentuk kata ‘Google’.

Gambar ilustrasi membentuk kata Google tersebut spesial untuk memperingati hari ulang tahun Eva Ekeblad yang ke 293. Dia merupakan sosok bangsawan dan sosok penting pada zamannya khusunya di negara Swedia.

Eva Ekeblad merupakan seorang ilmuan, ahli argonom dan berasal keturunan darah biru atau bangsawan terhormat di negara Swedia. Dia dikenal banyak orang diseluruh dunia setelah penemuannya yakni ekstrasi alkhohol dan tepung dari kentang pada tahun 1746.

Sebelum dia menciptakan tepung dari kentang sejatinya bahan tumbuhan umbi-umbian ini sudah di perkenalkan di Swedia pada tahun 1658. Namun saat itu kentang hanya di budidayakan di rumah kaca dari kalangan aristokrat.

Eva Ekeblad
Copyright ©beritajeneponto

Kemudian Eva Ekeblad mempunyai inisiatif dengan membuat kentang lebih merakyat hingga menjadi salah satu makanan pokok di Swedia. Masyarakat pun mulai membudidayakan tanaman yang satu ini dan penanaman kentang secara massal berdampak pada banyak hal.

Terlihat saat itu pasokan gandum dan jelai untuk membuat roti semakin meningkat serta mengurangi angka kelaparan yang sebelumnya banyak terjadi di negera tersebut. Eva Ekeblad sendiri saat itu juga menemukan proses pemutihan tekstil kapas dan benang dengan sabun sekitar tahun 1751.

Saat itu dia juga mengsubstitusikan sejumlah bahan berbahaya dalam kosmetik dengan menggunakan bunga kentang. Maka dari itu untuk menghargai kontribusinya Eva di daulat menjadi perempuan pertama yang masuk kedalam keanggotaan Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia pada tahun 1748.

Tiga tahun berlalu sekitar tahun 1751 Eva di daulat sebagai anggota kehormatan dalam sebuah organisasi kaum akademik tingkat tinggi. Jasa dari perempuan ini patut dikenang dan penemuan-penemuannya hingga kini masih digunakan.

Eva Ekeblad sendiri dipercaya untuk mengurus tiga perkebunan milik keluarganya yang berasal dari golongan bansawan. Dia dikenal sosok perempuan yang temperamental namun adil dan sangat melindungi petani. Perempuan ini juga sering  mengadakan salon (sebutan untuk perkumpulan antar bangsawan) di rumahnya.

Sosok perempuan ramah ini kini masih dikenang dan meninggalkan kesan yang mendalam khusunya bagi masyarakat Swedia. Ia wafat pada tahun 1789 pada usia ke 61 dan untuk mengenang Google Doodle hari ini merayaan ulang tahunnya.

baca juga : Gao Qian, Gadis 19 Tahun yang Menangkan Kontes Bokong Terindah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here