Berita Terkini : Kala Gempa 5.1 SR Goyang Bolaang Mongondow Sulawesi Utara !

0
1078
gempa

Berita Terkini : Kala Gempa 5.1 SR Goyang Bolaang Mongondow Sulawesi Utara !

indowarta.comGempa kembali terjadi di wilayah tanah air. Gempa yang berkekuatan 5,1 skala richter terjadi di Bolaang Mongondow Selatan, Sulwesi Utara. Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang disampaiakan melalui www.bmkg.go.id gempa terjadi pada hari Kamis 5 Mei 2016 sekitar pukul 19.43 WIB.

Menurut BMKG, pusat gempa bumi berada di titik koordinat 0,10 Lintang Selatan dan 123,78 Bujur Timur. Kedalaman gempa mencapai hingga 109 kilometer dan berjarak sekitar 56 kilometer sebelah barat daya Bolaang Monondow. BMKG melaporkan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi menimbilkan tsunami.

Walaupun demikian hingga saat ini masih belum diketahui apakah ada korban jiwa. Juga masih belum diketahui berapa kerugian atau kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

Gempa terjadi sekitar selama 2 detik oleh masyarkat Mongondow. Gempa yang dirasakan tidak terlalu besar dan relatif stabil. Hal ini membuat masyarakat tidek merasa panik.

Kepala dan juga Humas Badan Nasional Penanggulangan Bahaya mengatakan bahwa gempang terasa sangat lemah. Jadi warga sekitar tak sedikitpun merasa kan kepanikan.

gempa

Sebelumnya di Tanah Air ini juga terjadi gempa. Tepatnya kemarin Rabu 5 Mei 2016. Gempa tersebut berkekuatan 4,8 skala richte mengguncang kepulauan mentawai, Sumatera Barat. BMKG menyebutkan bahwa gempa tersebut terjadi sekitar pukul 05.32 WIB. Kedalaman gempa mencapai 24 kilometer.

Lokasi gempa tersebut berada di titik koordinat 1.79 Lintang selatan dan 99.7 Bujur timur. Pusat gempa berjara sekitar 98 kilimeter dari sebelah tenggara Kepulauan Mentawai.

Guncangan tersebut dirasa cukup kuat oleh warga.  Warga banyak yang merasa kaget dengan guncangan teresbut. Warga langsung bangun dari tempat tidur ketika mengetahui bahwa gempa terjadi. Kepulauan Mentawai sendiri berjarak sekitar 50 kilometer dari daratn Pulau Sumatera. Kepulauan Mentawati diitari oleh Samudera Hindia.

baca juga :

Berita Hari Ini : Korban Gempa Ekuador Terus Bertambah Jadi 262 Orang !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here