Berita Terkini: Pemprov DKI akan Kembali Gusur Bukit Duri Hari Ini!

0
2419
BUkit Duri
Copyright©tengokberita

Pemprov DKI akan Kembali Gusur Bukit Duri Hari Ini!

Indowarta.com – Pemerintah Provinsi (Penprov) DKI Jakarta hari ini Selasa, 11 Juli 2017 akan lanjutkan penggusuan Bukit Duri. Penggusuran ini tepatnya akan dilakukan di kampung pinggiran Kali Ciliwung yang banyak bangunan liar yang ditempati oleh warga.

Terkait dengan penggusuran Bukit Duri ini sebelumnya Pengdilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta telah memutuskan jika penggusuran ini cacat hukum. Mengenai penggusuran yang dilakukan  hari ini juga dibenarkan oleh Gubenur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat.

‘Iya benar akan dilakukan penggusuran, Isnya Allah akan dilakukan besok Selasa, 11 Juli 2017’ ujarnya saat ditemui di Balai Kota Jakarta pada Senin, 10 Juli 2017.

Djarot sendiri menjelaskan jika putusan PTUN Jakarta tak akan mempengaruhi proses penggusuran kampung di pinggiran Sungai Ciliwung ini. Keputusan yang menilai penggusuran ini cacat hukum tak akan menghentikan proses pemindahan warga Bukit Duri ke ruma susun (rusun) yang telah disediakan Penprov DKI.

BUkit Duri
Copyright©aktual

‘Kita tetap akan melakukan proses hukum. Kita akan lanjutkan kan sudah banyak yang dipindah ke rumah susun (rusun) dan mereka juga pindah secara sukarela kan’ ujar Djarot.

Wali Kota Jakarta Selatan, Tri Kurniadi mengatakan jika penggusuran Bukit Duri akan tetap dilakukan oleh Penprov DKI Jakarta. Penggusuran ini akan dilakukan terhadap 13 rumah dan penghuni dari rumah yang akan digusur tersebut telah dipidah terlebih dahulu secara sukarela ke rusun Rawa Bebek.

‘Penggusuran tetap dilakukan. Rumah sudah tidak berpenghuni dan warga bukit duri sudah pindah ke rusun Rawa Bebek’ ujar Tri Kurniadi.

Sebelumnya warga mengajukan gugatan terkait penggusuran ini dan PTUN Jakarta mengabukan gugatan warga tersebut. Menurut kuasa hukum warga, Vena Soemari dalam keterangannya menyatakan jika warga tetap optimis korban pengggusuran dapat menuntut haknya.

Dalam putusan PTUN Jakarta terkait penggusuran Bukit Duri ini Penprov DKI wajib mengganti rugi pada warga korban gusuran. Sedangkan pelaksanaan pembebasan tanah-tanah di pinggiran Kali Ciliwung ini dianggap tidak berdasarkan tahap-tahap UU pengadaan tanah.

Penggusuran Bukit Duri ini disebut melanggar asas kemanusiaan, keadilan, kemanfaatan, kepastian, keterbukaan, kesepakatan, keikutsertaan, kesejahteraan, keberlanjutan dan keselarasan. Hakim sendiri sebelumnya mewajibkan Penprov DKI untuk memulihkan hak-hak warga bukit duri.

baca juga : Benarkah Arti Lirik Lagu Despacito Adalah Untuk Mengajak ‘Bercinta’?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here