Munculnya Berbagai Berita Hoax dibalik Pembacokan Hermansyah!

0
369
Hermansyah
Copyright©idrus

Munculnya Berbagai Berita Hoax dibalik Pembacokan Hermansyah!

Indowarta.com– Insiden pegeroyokan yang telah menimpa pakar telematika lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) yakni Hermansyah ini telah diwarnai dengan berbagai berita palsu alias Hoax melalui media sosial. Peristiwa ini memang telah terjadi pada hari Minggu 9 Juli 2017 di kilometer 6 jalan tol Jakarta Bogor. Kondisi Hermansyah pun sangat mengenaskan karena telah menderita luka bacok.

Juru bicara Kepolisian Resor Depok, Ajun Komisaris Firdaus pada hari Senin 10 Juli 2017 ini telah mengatakan bahwa banyak foto yang telah beredar mengenai Hermansyah. Namun foto itu hoax dan hanya akan memperkeruh keadaan saja.

Firdaus pun meminta kepada masyarakat agar tidak mudah percaya dengan berita yang sudah bertebaran ini. Selain itu masyarakat juga dihimbau agar tidak ikut-ikut untuk menyebarluaskan berita yang tidak benar adanya itu apalagi menambahi. Hermansyah tinggal di Depok dan kini polisi pun membantu untuk pengamanan rumah korban yang berada di Kelurahan Tirtajaya, Sukmajaya.

Hermansyah
Copyright©detik

Setidaknya terdapat empat berita hoax yang telah bertebaran di media sosial. Informasi tersebut seolah-olah memang benar terjadi karena disetakan foto mengenai kondisi dari Hermansyah. Berita hoax yang pertama adalah  Hermansyah meninggal dunia. Hal ini tentu saja merupakan berita hoax.

Firdaus mengatakan bahwa pada saat ini korban masih hidup dan kini tengah menjalani perawatan di rumah sakit. Pada awalnya Hermansyah dirawat di Rumah Sakit Hermina Depok. Namun setelah itu Hermansyah telah dipindahkan ke RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Pemindahan ini dilakukan demi keamanan Hermansyah.

Berita palsu yang kedua adalah mengenai kondisi jari tangan Hermansyah putus seperti foto yang sudah beredar di media sosial. Firdaus mengatakan bahwa kondisi Hermansya ini memanglah parah setelah pengeroykan namun luka sesungguhnya tidak seperti foto yang bertebaran di media sosial.

Berita hoax yang ketiga adalah masih seputar luka yang diderita Hermansyah. Menurut rekan Hermansyah yang juga merupakan alumni ITB yakni Teuku Gandawan, beredarnya foto  yang mengerikan tentang tangan yang banyak sayatannya itu merupakan berita palsu.

Berita hoax  yang keempat adalah mengenai pembacokan ini yang telah dikaitkan dengan kasus chat hot antara Habib Rizieq Shihab dengan Firza Husein, rekayasa. Pada saat bicara di salah satu acara talk show televisi, Menurut Hermansyah chat yang berkonten hot Habib Rizieq Shihab dengan Firza Husein ini palsu tapi menjadi barang bukti kepolisian menjerat keduanya.

baca juga : 

Pengamat Sesalkan Pernyataan Polri Soal Kasus Hermansyah!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY