Motor Listrik Viar Q1 Sudah Sampai ke Tangan Konsumen!

0
626
motor listrik
Copyright©detik

Motor Listrik Viar Q1 Sudah Sampai ke Tangan Konsumen!

Indowarta.com – Motor listrik perdana yang dijanjikan beserta STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), Viar Q1, kini sudah mulai didistribusikan ke konsumennya. Konsumen pertama yang mendapatkannya merupakan kelompok pemesan awal sejak peluncuran pada 6 Juni lalu.

Seperti yang dijelaskan oleh Frengky Osmond selaku Marketing Communication Triangle Motorindo sebagai produsen Viar, pengiriman skuter listrik itu merupakan tahap pertama. Jumlah yang dikirimkan yakni sebanyak 36 unit, semuanya merupakan hasil produksi sebelum lebaran.

Viar Q1 sendiri dirakit di dalam negeri di pabrik Viar milik Triangle Motorindo yang terltak di Semarang, Jawa tengah. Q1 memiliki kandungan lokal sebesar 20 persen. “Unit sisanya estimasi akan dikirim pada pekan ketiga bulan Juli,” ujar Frengky (10/7).

Baca Juga Viar Produksi 100 Buah Motor Listrik Setiap Bulan!

Q1 sendiri tampaknya cukup sukses buat Viar. Pasalnya di Jakarta Fair 2017, Viar sudah mengantongi pemesanan sebenyak 100 unit. Rencananya, pengiriman unit akan dilakukan pada bulan Agustus mendatang.

Copyright ©otomaniac

Motor listrik ini diketahui tanpa mesin konvensional, rancangan skuter listrik Viar Q1 jadi sangat simpel dan membuat beratnya pun enteng, yakni hanya 78,5 kg. efek lain tanpa menghadirkan mesin, membuat model produksi lokal ini tak membutuhkan komponen seperti pendingin mesin, knalpot, rantai, tranmisi, sehingga soal perawatannya diklaim akan sangat minim.

Pihak produsen motor Viar di dalam negeri menjelaskan, tidak ada yang spesial dari perawatan motor listrik Q1. Bahkan dikatakan, kemungkinan konsumen yang datang ke bengkel hanya karena urursan ban atau aki.

Baca Juga Viar Q1 Akan Jadi Motor Listrik yang Dilengkapi STNK dan BPKB Lho!

Mengingat, Ban adalah komponen yang lama diganti, sehingga sebenarnya konsumen akan lebih sering ke bengkel karena menganti kampas rem. Sama seperti ban, aki juga merupakan komponen yang usia pakainya lama.

Pada motor listrik Q1, aki yang digunakan yakni jenis maintenance free (aki kering) litrhium ion merek Bosch. Q1 juga tidak akan menghasilkan polusi, itu jelas sebab tidak ada pemakaian mesin pembakaran dalam.

Viar juga telah menentukan batas maksimum berkendara Q1 yakni 60 kjp. Namun, karena sistem geraknya sudah canggih dan bisa terkoneksi aplikasi ponsel, maka kecepatan maksimumnya bisa diatur lebih rendah.

Baca Juga Bedah Spesifikasi Baterei Motor Listrik Viar Q1!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here