Gubernur Papua Ditetapkan Sebagai Tersangka Pelanggaran Pilkada Tolikora!

0
424
Gubernur Papua
Copyright©twimg

Gubernur Papua Ditetapkan Sebagai Tersangka Pelanggaran Pilkada Tolikora!

Indowarta.com– Penyidik Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) ini telah menetapkan bahwa Gubernur Papua yakni Lukas Enembe sebagai tersangka. Enembe telah dijadikan tersangka di dalam kasus Pilkada Tolikara.

baca juga : Pengamat Sesalkan Pernyataan Polri Soal Kasus Hermansyah!

Ketua Penyidik Gakkumdu Papua, Irjen Boy Rafli Amar yang juga merupakan sebagai Kapolda Papua ini telah mengatakan bahwa berkas tindak pidana yang diduga telah melibatkan Gubernur Papua ini sudah dilimpahkan ke kejaksaan setempat. Walaupun Lukas Enembe ini sudah menyelesaikan masalah ini secara keluargaan dengan pihak pengadu yakni Amos Yikwa yang merupakan calon bupati nomor urut 3. Namun proses hukumnya pun masih terus berjalan.

Boy usai Upacara HUT Bhayangkara ke-71 di Lapangan Brimob Papua, Kota Jayapura pada hari Senin 10 Juli 2017 ini telah mengatakan “Statusnya tersangka dan masalah pencabutan surat pengaduan diperlukan pembicaraan pada Gakkumdu, karena bukan hanya polisi yang ada di dalam Sentra Gakkumdu itu”.

Gubernur Papua
Copyright©kompas

Menurut Boy, proses penyidikan ini masih akan tetap beranjut meskipun surat kini sudah dicabut. Hal ini karena kasus ini bukan merupakan delik aduan, melainkan merupakan tindak pidana Pemilu. Gubernur Papua yakni Lukas Enembe telah dilaporkan oleh salah satu calon Bupati Tolikara yakni Amos Tikwa karena telah diduga melakukan pelanggaran Pilkada. Belakangan ini Amos Yikwa dan Lukas Enembe telah melakukan perdamaian dengan cara menandatangani surat pernyataan perdamaian yang tertanggal 19 Juni 2017.

Enembe dalam sebuah kesempatan telah mengatakan bahwa Amos itu merupakan salah satu keluarga dan masalah ini sudah diselesaikan secara kekeluargaan sehingga Amos pun telah mencabut laporan itu. Lukas mengatakan bahwa yang menjadi kendaraan Amos untuk maju ke dalam Pilkada Tolikara adalah Partai Demokrat. Terlebih agi wakilnya adalah Robeka Enembe yang merupakan keluarga dari dia sendiri.

baca juga : Viral, Iklan Es Krim Lokal yang Bikin Tercengang Hingga Sita Perhatian Mancanegara!

Gubernur Papua Lukas Enembe telah dilaporkan oleh Gakkumdu ke Polda Papua karena dugaan pelanggaran kampanye di hari tenang yakni pada tanggal 14 Mei 2017. Di dalam kampanyenya di hadapan masyarakat Tolikara itu, Lukas Enembe telah meminta masyarakat untuk kemballi memilih Usman Wanimbo sebagai Bupati Tolikara.

baca juga : 

Dijadikan Sasaran Teror Bom Panci Bandung, Pemilik Rumah Makan Mengaku Kaget Bukan Main!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here