Inilah Hipokalemia, Penyakit yang Membuat Boni Hergens Nampak Seperti Sakaw Di TV One!

0
523
Hipokalemia
Copyright©ngelmu

Inilah Hipokalemia, Penyakit yang Membuat Boni Hergens Nampak Seperti Sakaw Di TV One!

Indowarta.com – Pengamat politik Boni Hargens diisukan mengalami sakau sabu ketika menghadiri acara live talkshow di tvOne. Namun pria ini mengklarifikasi jika dirinya sedang mengalami Hipokalemia saat acara tersebut berlangsung dan mengharuskannya mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Saat itu Boni Hargens nampak sakit sehingga tayangan di stasiun televisi tvOne tersebut harus dihentikan. Pada cuplikan acara talkshow yang menghadirkan Boni sebagai narasumber tersebut kini tengah menjadi viral di media sosial.

Terlihat saat acara pria ini sering kali mengusap-usap hidungnya sehingga netizen beranggapan jika Dewan Pengawas Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara itu tengah sakau karena sabu. Namun Boni mengklarifikasi bahwa dirinya sedang sakit beberapa waktu belakangan. Pada tanggal 29 Juni hingga 3 Juli 2017, dia dirawat di RS Siloam karena penyakit hipokalemia atau peneyakit kekurangan kalium dalam darah.

Lantas mengenai penyakit Hipokalemia ini juga mendapat penjelasan dari dr Marchell Tendean, DPCP dari Kedokteran Ukrida. Dia menyebutkan jika ada beberapa hal yang bisa memicu datangnya kondisi penyakit hipokalemia pada seseorang.

Hipokalemia
Copyright©sidomi

Penyakit ini merupakan suatu keadaan dimana kadar kalium dalam darah menurun. Dari pernyataan tersebut bisa kalium saja yang turun dan bisa juga dibarengi dengan elektrolit lainnya. Hasil pemeriksaan mengenai penurunan kalium ini dapat diketahui setelah pasien melakukan cek darah di laboratorium.

Sedangkan penyebab dari tutunya kadar kalium dalam darah ini menurut dr Marcell diakibatkan salah satunya karena suplai kalium yang sedikit. Hal ini bisa terjadi ketika orang tengah berpuasa atau tengah menjalani diet ketat.

‘Penyebabnya bisa bermacam-macam mulai dari suplai kalium yang sedikiit seperti saat puasa dan diet ketat. Kemudian bisa juga karena kalium pindah secara tiba-tiba dari luar sel ke dalam sel yang biasanya disebabkan karena keasaman darah yang jadi basa atau penggunaan insulin’ ujar dr Marcell.

Selain itu Hipokalemia juga bisa terjadi karena adanya penyakit bawaan atau penyakit penyerta lain seperti genetik, penyakit tiroid serta tumor. Sedangkan pengobatan dapat diberikan berdasarkan dari turunnya kalium dalam darah tersebut. Penderita bisa diberikan suplemen dan pengobatan terlebih dahulu jika disebabkan oleh penyait lain.

baca juga :  Dua Cara Ampuh Terhindar Dari Penyakit Kanker Serviks yang Sempat Diderita Julia Perez!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here