Berbagai Peraturan yang Harus Diketahui Dalam BPJS Kesehatan!

0
425
bpjs kesehatan
Copyright©sindonews

Berbagai Peraturan yang Harus Diketahui Dalam BPJS Kesehatan!

Indowarta.com– Menggunakan layanan BPJS Kesehatan ini telah menjadi pilihan bagi banyak masyarakat Indonesia belakangan ini. Tentu saja hal ini merupakan hal  yang wajar mengingat banyak kemudahan bagi masyarkat untuk bisa mengakses layanan kesehatan yang telah memadai dengan beberapa dana yang terjangkau.

baca juga : Langkah Mudah Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan!

Namun sebagian besar pengguna BPJS Kesehatan ini tidak begitu mengerti mengenai peraturan yang terdapat di dalamnya. Untuk menghindari berbagai masalah dan juga kendala di dalam mengakses layanan BPJS Kesehatan ini sangatlah penting bagi kita untuk bisa memahami semua aturan yang terdapat di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa aturan yang terdapat di BPJS Kesehatan :

– semua anggota wajib untuk mendaftar
hal ini akan berlaku secara otomatis pada peserta  yang telah melakukan pendaftaran melalui online (tidak melalui perusahaan). Di dalam pendaftaran tersebut, calon peserta wajib untuk mengisi NIK tersebut yang telah tertera di dalam Kartu Keluarga. setelah NIK itu dicantumkan, maka secara otomatis nama semua anggota keluarga akan keluar di komputer tersebut.
Hal ini telah diatur di dalam BPJS No 4 Tahun 2014. Berdasarkan ketentuan ini, maka bisa dipastikan Anda tidak bisa mendaftarkan diri tanpa mengikutsertakan anggota keluarga lainnya yang tertera di dalam kartu keluarga.

Copyright ©blogspot

– BPJS berlaku setelah 14 hari pendaftaran
setelah melakukan pendaftaran, BPJS Kesehatan ini tidak akan bisa langsung berlaku. Setidaknya telah dibutuhkan waktu selama 14 hari setelah dilakukan pendaftaran. Di dalam peraturan No.1 2015 BPJS Kesehatan dikatakan bahwa, pembayaran iuran pertama paling cepat dapat dilakukan setelah 14 hari kalender virtual account diterima. Lalu, setelah melakukan pembayaran iuran pertama (minimal 1 bulan) melalui virtual account yang dimiliki, maka peserta BPJS Kesehatan akan mendapatkan kartu peserta. Setelah kartu ini diterima oleh peserta, maka fasilitas BPJS Kesehatan bisa digunakan oleh yang bersangkutan.

Baca Juga : Dokter Tolak BPJS Kesehatan Lantaran ‘Riba’ dan Bertentangan dengan Agama?

– Bayi yang masih belum lahir sudah bisa didaftarkan oleh orang tuanya.
Hal ini tentu saja akan sangat membantu orang tua untuk menjamin layanan kesehatan yang bisa didapatkan bayinya nanti.

– JIka terkena PHK, BPJS masih bisa digunakan selalma 6 bulan.
Meskipun sudah mendapatkan PHK dan iuran tersebut tidak dibayarkan, peserta masih akan bisa menggunakan BPJS Kesehatan selama enam bulan semenjak yang bersangkutan telah mengalami PHK (tanpa pembayaran iuran).

baca juga : 

BPJS Kesehatan Siap Hadir di Semua Klinik Kota Depok!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here