Mulai 1 Oktober Nanti, Pendaki Gunung Semeru Wajib Daftar Secara Online!

    1
    677
    Gunung Semeru
    Copyright©liputan6

    Mulai 1 Oktober Nanti, Pendaki Gunung Semeru Wajib Daftar Secara Online!

    Indowarta.com– Balai Besar Taman Nasioanl Bromo Tengger Semeru ini telah mewajibkan seluruh calon pendaki Gunugn Semeru untuk mengajukan surat izin masuk kawasan konservasi (simaksi) secara online per tanggal 1 Oktober 2017 nanti.

    baca juga : Pengamat Sesalkan Pernyataan Polri Soal Kasus Hermansyah!

    Hal ini telah dikonfirmasi oleh Kepala Seksi Pemanfaatan dan Pelayanan Balai Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yakni Nova Elina. Nova pada saat dihubungi oleh salah satu awak media pada hari Senin 10 Juli 2017 ini telah mengatakan bahwa aturan ini akan membantu untuk bisa mengkontrol kuota dan juga memeriksa para pendaki Gunung Semeru nanti.

    Selain itu Nova juga telah mengatakan bahwa per tanggal 1 Oktober 2017 nanti pihaknya akan menghapuskan pendaftaran pendakian secara langsung di pintu pendakian Gunung Semeru. Nova mengatakan bahwa Prosedur baru dalam mendapatkan Simaksi ini masih dalam proses pembahasan lebih lanjut lagi.

    Gunung Semeru
    Copyright©naturalsunrisetour

    Nova mengatakan “Prosedurnya hampir sama. Hanya SOP (Standar Operasi Prosedur) akan kami sederhanakan. (Aturan baru ini) Masih dalam proses pembahasan untuk detailnya. Nanti kalau SOP-nya sudah di-update akan saya infokan ya”.

    Sebelumnya, para pendaki Gunung Semeru ini akan bisa melakukan pengajuan Simaksi secara langsung sebelum memulai mendaki. Simaksi merupakan salah satu syarat yang wajib untuk dipenuhi dan harus dimiliki oleh calon pendaki untuk bisa mendaki gunung di kawasan konservasi seperti di area taman nasional.

    baca juga : Viral, Iklan Es Krim Lokal yang Bikin Tercengang Hingga Sita Perhatian Mancanegara!

    Pengajuan Simaksi pendakian Gunung Semeru yang dilakukan secara online ini sebenarnya telah dimulai. Namun pada saat ini aturan ini masih belum berjalan sepenuhnya. Pendakian Gunung Semeru akan bisa dilakukan melalui jalur Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

    Gunug Semeru merupakan gunung tertingi di pulau Jawa dengan ketinggian yang mencapai 3.676 meter diatas permukaan laut (mdpl). Gunung tertingi di pulau Jawa ini tentu saja memiliki sebuah daya tarik tersendiri. Tidak hanya mengenai keindahannya saja, suasana yang sejuk dan rindang di hutan pasti akan sangat dirindukan oleh para pedaki gunung.

    baca juga : 

    Duka Mendalam yang Dilayangkan Oleh Netizen Saat Kristupa Saragih Meninggal Dunia!

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY