BMKG: Gempa Samosir Bukan Karena Aktivitas Gunung Purba Toba!

0
381
Gempa 10 Februari
Copyrihgt©Global - Liputan6.com

BMKG: Gempa Samosir Bukan Karena Aktivitas Gunung Purba Toba!

Indowarta.com– Gempa tektonik ini telah mengguncang sebagian wilayah dari Sumatera Utara pada hari Selasa 11 Juli 2017 kurang lebih pada pukul 08.24 WIB. Gempat tersebut terjadi dengan kekuatan sebesar 5,4 magnitudo di darat. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah melayangkan bantahan bahwa penyebab dari Gempa Samosir yang terjadi ini adalah aktivitas Gunung Purba Toba.

baca juga : Kronologis Detail Detik Detik Hermansyah Dibacok di Tol Jagorawi

Episenter ataupun pusat gempa ini terletakk di koordinat 2,67 LU dan 98,85 BT. Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono pada hari Selasa 11 Juli 2017 mengatakan “Tepatnya di darat pada jarak 8 kilometer arah Timur Laut Samosir pada kedalaman 152 kilometer”.

Berdasarkan dari tingkat guncangan ini, BMKG telah menyebutkan bahwa Gempa Samosir terjadi dengan intensitas yang lemah dan terasa di beberapa wilayah. Beberapa wilayah tersebut seperti Pematang Siantar, Parapat, Medan, Sidikalang, dan Sibolga dengan intensitas I versi BMKG atau II versi Modified Mercalli Intensity. “Melihat sumber gempa di kedalaman 152 kilometer, BMKG telah menyebutkannya dengan Gempa Samosir berkekuatan menengah.

Gempa Filipina
Copyright©reuters

Gempa ini tidak terlalu menimbulkan dampak. Hanya saja guncangan lemah saja dan juga tidak akan menimbulkan kerusakan.

BMKG sendiri telah mencatatkan bahwa posisi titik sumber gempa ini terletak di zona Danau Toba. Daryono mengatakan “Ini sama sekali tidak berhubungan dengan aktivitas Gunung Purba Toba”.

Selain itu gempa Samosir ini berasosiasi dengan aktivitas penunjaman lempeng Indo Australia ke bawah lempengan Eurasia di zona Benioff pada lokasi tersebut. Menurut Daryono, zona itu merupakan lajur penunjaman lempeng yang kini sudah mulai menukik. Hal ini berbeda dengan lajur penunjaman ataupun suduksi landai yang disebut dengan megathrust.

Hingga saat ini masih belum ada laporan yang menyebutkan bahwa terdapat kerusakan akibat gempa bumi ini. Walaupun begitu, masyarakat harus tetap waspada untuk berjaga-jaga jika nantinya akan muncul gempa susulan. Selain itu juga masih belum ada laporan yang menyebutkan mengenai adanya korban jiwa dari gempa ini.

baca juga : 

Arti Lirik Lagu Despacito Mengandung Unsur ‘Sensual’?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here