Eiko Ishioka Jadi Sosok yang Muncul dalam Google Doodle Hari Ini, Siapakah Gerangan?

0
278
Eiko Ishioka
Copyright©merahputih

Eiko Ishioka Jadi Sosok yang Muncul dalam Google Doodle Hari Ini, Siapakah Gerangan?

Indowarta.com – Hari ini halaman Google kembali menampilkan bentuk grafis khusus sebagai peringatan untuk sesorang terkemuka. Kali ini seorang perempuan asal Jepang, Eiko Ishioka menjadi doodle di mesin pencarian terbesar di dunia tersebut dan terpampangnya doodle ini bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke-79.

Eiko Ishioka merupakan seorang desain grafis dan kostum serta seniman di negeri matahari terbit. Ia sosok perempuan yang terkenal dengan pertunjukan dengan menggunakan kostum dari hasil rancangannya sendiri.

Perempuan ini bukanlah sosok asing lagi bagi sineas dan pekerja film. Eiko dikenal sebagai penata arstistik, desain grafis dan desainer busana untuk panggung pertunjukan. Berbagai penghargaan pun pernah diraih oleh perempuan asal Jepang ini.

Tercatat perempuan kelahiran Tokyo, 12 Juli 1938 itu pernah meraih penghargaan piala Oscar, piala Grammy serta menjadi nominasi Tony Award. Eiko juga pernah memenangi Academy Award untuk kategori kostum terbaik untuk karya dalam film Francis Ford Coppola (1992).

Eiko Ishioka
Copyright©merahputih

Eiko Ishioka sudah berkecimpung di dunia seni sejak kecil dan telah diperkenalkan di dunia seni oleh sang ayah. Dia menyelesaikan pendidikan terakhirnya dari Tokyo National University of Fine Arts and Music. Setelah lulus dari perguruan tinggi dia mulai berkarir di divisi periklanan di perusahaan komesmetik (1961) dan menangani penghargaan iklan paling bergengsi di Jepang.

Saat menjadi penggiat seni periklanan diperkenalkannya gaya boutique dan Parco. Dengan kolaborasi bersama perusahaan busana olahraga seperti Decente, Eiko dipercaya untuk merancang busana kontingen Swiss, Kanada, Jepang, dan Spanyol pada Olimpiade musim panas di Salt Lake City tahun 2002. Dan puncaknya dia dipercaya menjadi desainer kostum dalam acara opening ceremony Olimpiade Beijing tahun 2008.

Bahkan setelah meninggal pada usia 73 tahun tepatnya tanggal 21 Januari 2012 lalu, karya perempuan ini masih mendapat penghargaan dunia khusunya dalam industry perfilman. Atas pencapaian dan totalitasnya tersebut perempuan ini mendapatkan penghargaan dari Google Doodle pada peringatan kelahirannya yang ke 79 pada hari ini.

Eiko Ishioka saat ini menempatkan dirinya sebagai salah seorang seniman asal Jepang yang telah diakui dunia. Dalam karier perfilmannya perempuan ini pernah bekerja sebagai desainer produk film di tahun 1985 berjudul Mishima: A Life Four Chapters. Kemudian dia pernah menyutradarai video klip Bjork berjudul Cocoon di tahun 2002 serta mendesain kostum penyanyi Grace Jones dalam turnya bernama ‘Hurricane’ tahun 2009.

baca juga : Zaha Hadid Arsitektur Kelahiran Turki yang Nongol di Halaman Google Doodle Hari Ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here