Mengagumkan, Madrasah Asal Depok Ini Ikut Kompetisi Robot Internasional!

0
310
Copyright ©detik

Mengagumkan, Madrasah Asal Depok Ini Ikut Kompetisi Robot Internasional!

Indowarta.com – Sungguh mengagumkan, pasalnya Indonesia turut berpartisipasi dalam kompetensi merakit robot skala internasional FIRST Global Challenge Olympic Robot Competition 2017. Dalam perhelatan kompetesi robot internasional itu, Indonesia diwakili oleh Madrasah Aliyah TechnoNatura dari Depok, Jawa Barat.

FIRST Global Challenge Olympic Robot Competition 2017 itu akan berlangsng di Washington DC, Amerika Serikat pada 16-18 Juli 2017 mendatang. TechnoNatura akan bersaing dengan ratusan negara lain untuk memenangkan kompetisi merakit robot yang tahun ini bertemakan Solusi Akses Air Bersih.

TechnoNatura sendiri mengandalkan robot yang bernama WowWi. Penamaan WowWi ini diilhami dari sebutan penyihir air. Menurut keterangan yang diberikan oleh Kepala Madrasah Aliyah TechnoNatura Rustamaji, pihaknya ikut kompetisi robot internasional setelah mendapat undangan dari pihak panitia kompetisi sejak bulan Februari lalu.

Baca Juga Berita Terkini: Banyak Pemain Antri Masuk Persib Bandung, Pelatih Selektif Siapkan Kompetisi Bergulir !

Kesempatan itu datang lantaran TechnoNatura gemar mengikuti ajang robot dalam negeri, selain itu sekolahnya juga diajarkan kurikulum yang berkaitan dengan teknologi.

Copyright ©detik

Karena itu, Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia memberikan rekomendasi kepada panitia kompetisi robot internasional unut mengikutsertakan TechnoNatura di perhelatan tahunan itu.

Rustamaji menjelaskan proses pengerjaan dimulai bulan Mei, selama tiga munggi murid-muridnya belajar Android Studio. Komponen ini dikirim langsung dari AS dalam box, semua negara sama, tinggal bagaimana masing-masing tim merancang robot tersebut.

Semua robot yang ada di kompetisi robot internasional itu nantinya harus memilah air bersih dengan yang kotor. Di mana itu disimulasikan melalui dua bola beda warna. Warna biru untuk air bersih dan warna orange sebagai air tercemar.

Baca Juga Berita Terkini: Lega, Persebaya Akhirnya Bisa Ikut Kompetisi Sepak Bola Di Indonesia !

Di kesempatan yang sama, Hisham Wahono yang akan berlomba, mengatakan WowWi memiliki dua fitur spesial. Pertama, Smart Robot Locator, menggunakan inertia Measurement Unit (IMU) pada hun dan Encoder pada motor.

Untuk menggerakkan robot ini dapat dikendalikan dengan alat pengontrol yuang serupa konsol. Alat ini dioperasikan tim untuk menjalankan tugas kepada robot.

Raditya Athalla Rafi selaku team Leader TechnoNatura dalam kejuaran FIRST Global memiliki harapan setinggi-tingginya agar bisa bersaing dengan tim dari negara lain dalam kompetisi robot internasional mendatang.

Baca Juga Berita Terkini: Line Gelar Kompetisi BOT di Indonesia !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here