Berita Terkini : Kandungan Racun Apa Yang Terdapat Dalam Ikan Buntal Hingga Tewaskan 4 dari 7 Korban ?

0
979
ikan buntal

Berita Terkini : Kandungan Racun Apa Yang Terdapat Dalam Ikan Buntal Hingga Tewaskan 4 dari 7 Korban ?

indowarta.com– Setelah mengkonsumsi ikan buntal. Empat remaja asal Kecamatan Tempusari, Kabupaten Lumajang meninggal dunia. Ikan tersebut mereka dapatkan dari hasil tangkapan di Pantai Licin, Desa Lebak, Kecamatan amplegading, Kabupaten Malang.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah dr. Hayoto, indrayudi mengatakan bahwa ikan buntal memang memiliki kandungan racun yang sangat kuat. Ikan ini memang beda dengan ikan-ikan yang lainnya. Pada umunya, ikan lain membuang bakteri atau racun dari dalam tubunhnya, namun ikan buntal ini malah menyimpan baketeri tersebut d limpa, tempat telur dan juga empedu.

Indrayudi menyebutkan bahwa racun yang terdapat di ikan buntal itu bernama tetrodotoxin. Racun tersebut sangatlah kuat dan masih belulm ditemukan penangkalnya hingga saat ini.

Karena saking kuatnya racun ikan buntal, paramedis di RSUD dr. Haryoto merasa kaget ketika mengetahui empar remaja tersebut telah mengkonsumsi ikan buntal. Racunnya sangat kuat, hingga bisa mengalahkan racun sianida. Bahkan bisa mencapat 20 kali lipat dari racun sianida. Orang yang terkena racun ikan buntal ini awalnya akan muntah, mencret lalu mengalami disfungsi otot napas.

ikan buntal

Racun ini juga berpengaruh kepada organ pernafasan lan. Bisa diartikan bahwa mereka gagal napas dan juga gagal jantung. Selain menyerang otot pernafasan, racun ikan buntal ini juga menyerang otot jantung.

ada tujuh orang yang keracunan karena mengkonsumsi ikan buntal tersebut. Empat diantara tujuh orang tersebut telah meningga dunia akibat mengkonsumsi ikan buntal. Empat korban yang meninggal itu adalah Choirul Zikin 13 tahun, Dani Sukmana 11 tahun, Edi Eka Pratama 16 tahun dan Choirul Huda 17 tahun. Sedangkan tiga orang yang lainnya adalah Angga Anggita Pratama 17 tahun, Suprianto 17 tahun, Wakhid 47 tahun.

Insiden ini terjadi ketika enam remaja tersebut pergi memancing untuk mengisi waktu liburan mereka di Pantai Licin pada hari Jum’at 06 Mei 2016. Hasil dari memancing itu adalah enam kilogram ikan buntal. Karena tidak tahu kalau ikan itu mengandung racun, mereka pun membawa pulang ikan tersebut.

Setelah sampai di rumah, mereka masak ikan tersebut untuk dimakan bersama-sama. Lalu pada sore harinya mereka muntah-muntah dan satu diantaranya meninggal dunia. Dua korban selanjutnya meninggal pada sabtu pagi, dan pada sabtu sore korban meninggal dunia bertambah satu lagi.

baca juga :

Berita Terkini : Lagi Lagi Asyik Selfie, 2 Orang Ini Hanyut Terhempas Ombak Di Pantai Kedung Tumpang Tulungagung Jawa Timur !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here