Jokowi Sudah Tanda Tangani Perppu Pembubaran Ormas?

0
315
Jokowi
Copyright ©kompas

Jokowi Sudah Tanda Tangani Perppu Pembubaran Ormas?

Indowarta.com – Dikabarkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah meneken Preturan Pemerintah Pengganti Undnag-Undang mengenai Organisasi Kemasyarakatan atau ormas. Terkait Perppu pembubaran ormas ini juga dijelaskan oleh Ketua Pengurus Nahdlatul Ulama, Said Aqil Siradj.

Dia mengatakan jika Perppu telah ditandatangani oleh Presiden Jokowi dan akan dibacakan secara langsung dalam waktu dekat. ‘Perppu telah ditandtangani oleh Presiden Joko Widodo. Kemungkinan besar akan dibacakan besok’ ujarnya saat ditemui seusai bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan pada Selasa, 11 Juli 2017.

Namun Said sendiri tak menjelaskan lebih lanjut mengenai Perppu yang sudah ditandatangani oleh orang nomer satu Indoensia tersebut. Dia tak menjelaskan apakah peratuan tersebut akan menyasar ke ormas tertentu maupun ormas radikal yang mengganggu idologi serta stabilitas negara atau bukan.

Seperti diketahui selama ini di Indoneisa sering kali muncul ormas-ormas yang diklaim radikal dan dianggap melawan negara. Sedangkan wacana penerbitan Perppu Ormas ini berkaitan kuat dengan upaya pembubaran organisasi masyarakata bernama Hizbut Tahrir Indoensia (HTI).

Jokowi
Copyright ©tempo

Ormas yang satu ini dianggap akan berupaya menerapkan kekhalifahan di negera Indonesia dengan berdasarkan syariat islam. Pemerintah sendiri menilai jika ideologi yang diterapkan HTI bertentangan dengan ideologi Pancasila yang sebagaimana dianut oleh bangsa Indonesia.

Maka dari itu sebelum Jokowi menandatangai Perppu ini muncul wacana jika ormas HTI dibubarkan bersama dengan ormas radikal lainnya. Said sendiri mengatakan jika dirinya hingga kini beum mengetahui apakah ormas yang dimaksud itu adalah ormas radikal atau justru ormas lainnya.

‘Saya belum tahu pasti ormas yang dimaksud akan dibubarkan. Jika ada kekurangan nanti saya akan mengusulkannya kepada Presiden Jokowi’ ujar Said degan tertawa sembari meninggalkan Istana Kepresidenan.

Sementara itu mengenai sudah ditandatanganinya Perppu oleh Jokowi ini juga dibenarkan oleh Staf Khusus bidang Komunikasi Johan Budi. Ia menyampaiakn terkait Perppu Pembubaran Ormas tersebut nantinya akan disampikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidamg Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto.

‘Pembacaan Perppu akan dilakukan besok dan akan disampaikan langsung oleh Pak Menkopolhuman di Istana Kepresidenan’ jelasnya di Kompleks Istana Presiden pada Selasa, 11 Juli 2017.

baca juga : Berita Terkini: Pelaku Pembacokan Kasus Hermansyah Ternyata Adalah Seorang Debt Collector!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here