Transformasi Asuransi TKI Ke BPJS Ketenagakerjaan Terus Digodok!

0
255
BPJS Ketenagakerjaan
Copyrigth©okezone

Transformasi Asuransi TKI Ke BPJS Ketenagakerjaan Terus Digodok!

Indowarta.com– Menteri Ketenagakerjaan RI (Menaker) M. Hanif Dhakiri telah mengatakan bahwa proses transformasi asuransi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari konsorsium asuransi TKI ke BPJS Ketenagakerjaan ini masih terus dimatangkan. Diharapan bahwa dengan transformasi ini akan bisa meningkatkan perlindungan dan juga jaminan sosial bagi TKI yang berkerja di luar negeri.

Hanif Dhakiri usai mengikuti Halal Bi Halal Keluarga Besar BPJS Ketenagakerjaan di Jakarta pada hari Selasa 11 Juli 2017 ini telah mengatakan “Memang kita sedang transformasikan asuransi itu ke skema jaminan sosial melalui BPJS Ketenagakerjaan. Ini sedang terus dimatangkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan, BPJS Ketenagakerjaan, dan seluruh kementerian lembaga terkait dan juga stakeholder untuk mendapatkan formulasi terbaik perlindungan bagi para TKI kita”.

Menaker telah menjelaskan bahwa ada beberapa alasan transformasi ini dilakukan. Yang pertama adalah BPJS Ketenagakerjaan adalah badan negara yang telah mendapatkan mandat untuk melaksanakan universal coverage jaminan sosial. Menaker mengatakan “Jadi seluruh, bukan hanya pekerja, tapi seluruh warga”.

BPJS Ketenagakerjaan
Copyrigth©production

Lalu alasan yang kedua adalah sesuai dengan rekomendari sari KPK yang telah memberikan saran agar skema asuransi TKI ini telah dikelola oleh BPJS dengan menggunakan skeman singgle risk management. Menaker mengatakan “Kemudian kita melakukan kajian untuk kemungkinan bisa diselenggarakan jaminan sosial untuk para TKI kita ini”.

Menaker sendiri telah memaparkan terus mendorong BPJS Ketenagakerjaan untuk program-programnya bisa memberikan manfaat kepada masyarakat secara optimal. Baik dari segi perluasan kepersertaan yang hingga saat ini masih terus saja dikembangkan hingag Bukan Penerima Upah (BPU) maupun dari aspek inovasi manfaat program jaminan sosial itu sendiri.

Menaker mengatakan “Kita juga dorong manfaat program itu bisa diperbanyak. Kemarin sudah kita kembangkan ada program return to work misalnya”. Disamping itu pun Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan yakni Agus Susanto telah menyatakan bahwa komitmennya untuk bersama-sama dengan seluruh stakeholder dalam memajukan BPJS Ketenagakerjaan.

Dengan adanya kerjasama yang kuat antara Stakeholder dengan BPJS ini, dipercaya bahwa BPJS akan memberikan manfaat yang optimal.

baca juga : 

Berbagai Peraturan yang Harus Diketahui Dalam BPJS Kesehatan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here