HTI Berencana Gugat Ke MK Soal Perppu 2/2017 Soal Ormas!

0
319
Ismail
Copyright©tribunislam

HTI Berencana Gugat Ke MK Soal Perppu 2/2017 Soal Ormas!

Indowarta.com – Organisasi masyarakat (Ormas) Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) menilai pemerintah telah berlaku sewenang-wenang dengan penerbitan Perppu 2/2017 tentang Ormas. HTI memandang pemerintah hanya mengambil jalan pintas.

Juru bicara HTI Ismail Yusanto pada Rabu (12/7/2017) mengatakan, jika benar Peppu tersebut terbit hari ini, dan jika benar Peppu tersebut trbuit untuk memudahkan rencana pembubaran ormasnya maka pihaknya menilai ini merupakan tinakan kesewenang-wenangan, kezaliman.

Ismail juga menyebut ada tiga alasan hingga ia mengatakan pemerintah telah bersikap sewenang-wenang. Pertama, pihaknya menilai tidak ada alasan bagi pemerintah untuk mengeluarkan peppu tersebut. menurutnya, perppu itu dapat dikeluarkan dengan beberapa syarat saya seperti jika ada kepentingan yang memaksa.

Alasan kedua, di dalam UU Ormas sebenarnya sudah ada mekanisme yang jelas tentang proses pembubaran ormas. Menurutnya, pemerintah merasa bahwa mekanisme yang ada di UU Ormas itu terlalu lama dan berbelit-belit.

HTI
Copyright©inilah

Ia juga mengatakan mekanisme yanga da dalam UU Ormas itu dulu dimaksudkan untuk mencegah kesewenang-wenangan yang mungkin dilakukan oleh pemrintah jika ingin membubarkan ormas. Kini mekanisme yang dibuat untuk mencegah kesewenang-wenangan itu justru dihilangkan.

Alasan ketiga, secara substansial tidak ada alasan bagi pemerintah untuk membubarkan HTI. Menurut Ismail, HTI adalahormanisasi legal berbadan hukum perkumpulan sehingga berhak melakukan kegiatan. Maka dari itu, pihaknya akan mengkaji isi Peppu tersebut jika benar penrbitan Perppu itu untuk membubarkan ormasnya.

Selain itu, pihaknya juga akan berkonsultasi dengan pakar hukum dan melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi. Ismail menyayangkan tindakan yang diambil oleh pemerintah tersebut untuk membubarkan HTI.

Kabarnya perppu tersebut muncul sebagai salah satu cara pemerintah untuk membubakan ormas yang dinilai anti Pancasila.

Pembubaran HTI bermula saat Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto memberikan pernyataan pers di kantornya pada Senin (8/5/2017). Ia juga memaparkan tiga alasan pemerintah membubarkan ormas yang dianggap anti Pancasila itu.

Alasan itu diantaranya, sebagai ormas bebebadan hukum, HTI tidak melaksanakan peran positif untuk mengambil bagian dalam proses pembangunan untuk mencapai tujuan nasional.

Terindikasi kuat telah brtentangan dengan tujuan, asas, dan ciri berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 sebagaimana diatur dalam UU No 17 Tahun 2013 tentang Ormas.

Dan aktivitas yang dilakukan HTI dinilai telah menimbulkan benturan di masyarakat yang dapat mengancam keamanan dan ketertiban masyarakat, serta membahayakan keutuhan NKRI.

Baca Juga Berita Terkini: HTI Tunjuk Yusril Sebagai Pengacara, Begini Komentar Mendagri!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here