Pimpinan Tertinggi ISIS, Abu Bakr Al Baghdadi Tewas?

0
518
Abu Bakr Al Baghdadi
Copyright ©sukabumiupdate

Pimpinan Tertinggi ISIS, Abu Bakr Al Baghdadi Tewas?

Indowarta.com – Kali ini media The Sryirian Observatory For Human Righst menagatakan jika pihaknya mendapat informasi terkait ISIS. Informasi yang telah dikonfirmasi tersebut menybutkan jika Abu Bakr Al Baghdadi telah tewas.

Abu Bakr Al Baghdadi sendiri diketahui merupakan pentolan tertinggi kelompok radikal ISIS. Mengenai informasi tewasnya pimpinan tertinggi ISIS ini disampaikan oleh Direktur The Syrian Observatory for Human Right, Rami Abdurrahman.

Seperti yang didapat dari lansiran Al Jazeera pada Rabu ‘2 Juli 2017 menyebutkan jika Komandan ISIS yang berada di tiga provinsi Deir ez-Zor telah mengatakan kabar kematian Abu Bakr Al Baghdadi kepada pihak Abdurrahman.

‘Komandan ISIS yang ada di tiga orovinsi Deir ez-Zor telah mengkonfirmsi kematian pemimpin ISIS kepada kami. Kami meminta konfirmasi tersebut hari ini, namun hingga kini kami belum tahu  kapan dan dimana tewasnya’ ujar Abdurrahman.

Abu Bakr Al Baghdadi
Copyright ©global

Abdurrahman mengatakan jika, Abu Bakr Al Baghdadi sendiri sering kali terlihat di bagian timur Provinsi Deir ez-Zore. Baghdadi terlihat di daerah tersebut beberapa bulan terakhir, namun belum jelas apakah pemimpin ISIS itu benar tewas di wilayah tersebut atau tidak.

Seperti diketahui jika Baghdadi sering kali dikabarkan telah tewas. Sejumlah pihak pun kali ini menilai jika informasi kematian pemimpin kelompok militan tersebut belum dapat diverifikasi kebenarannya. Sedangkan konfiramasi dan bantahan dari media atau media sosial ISIS juga belum ada hingga sekarang.

Komandan tinggi Amerika Serikat di Irak dan Suriah pun menolak mengkonfirmasi laporan terbaru yang menyatakan jika Al-Baghdadi tewas pada Selasa, 11 Juli 2017. Jenderal Stephen Townsend dari Bagdad, Irak menyampaikan hal tersebut ke media di Patagon. Dia menyatakan laporan intelejen Amerika Serikat dan koalisi tidak dapat membenarkan ataupun membantah bahwa Baghdadi masih hidup ataupun sudah meninggal.

Sementara itu cukup diketahui jika pada bulan Juni 2017 Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan jika Abu Bakr Al Baghdadi telah tewas. Baghdadi tewas setelah terjadinya serangan udara yang terjadi saat pertemuan komandan ISIS di pinggirran Raqqa, Suriah.

Namun laporan tersebut tidak dapat dibenarkan dan pemerintah negara-negara Barat serta Irak juga mengatakan pernyataan yang sama terkait laporan itu. Baghdadi sendiri terakhir terlihat di publik pada tahun 2014 ketika mengumukan pendirian ‘khiafah’ baru di Masjid Agung al-Nuri di Mosul, Irak.

baca juga : Kisah 2 Perempuan yang kena Tipu ISIS!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here