Berita Terkini: Gempa Langka Berkekuatan 5.8 SR Guncang Korea Utara!

0
648
Gempa 10 Februari
Copyrihgt©Global - Liputan6.com

Berita Terkini: Gempa Langka Berkekuatan 5.8 SR Guncang Korea Utara!

Indowarta.com– Pada hari Kamis dini hari 13 Juli 2017 ini sebuah gempa telah mengguncang Korea Utara. Menurut Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) ini telah menyebutkan bahwa Gempa Korea tersebut memiliki kekuatan hingga 5,8 skala richter. Sebelum akhirnya telah direvisi, gempa itu pada awalnya telah dilaporkan memiliki kekuatan 6 SR.

baca juga : Netizen Dibuat Baper Lagi Saat Muzammil Hasballah Pamer Foto Pernikahan!

Untuk pusat Gempa Korea sendiri berada di lepas pantai Korea Utara, tepatnya berada di Laut Jepang atau 180 kilometer tenggara Kota Chongjin, Korea Utara. Gempa bumi yang telah terjadi ini sangalah dalma yakni kurang lebih berada di 538 kilomter di bawah dasar laut dan juga telah diperkirakan tidak akan memicu kerusakan apapun.

Dikutip dari Sydney Morning pada hari Kamis 13 Juli 2017, peneliti USGS, Julie Dutton menyebutkan “Gempa dengan kekuatan tersebut sangat tidak biasa, tapi bukan pertama kali terjadi”. Dirinya juga telah menjelaskan bahwa gempa di laut dengan kekuatan yang relatif besar ini seperti yang pernah terjadi pada tahun 1994 yang silam.

Gempa Filipina
Copyright©reuters

Di Korea Utara memang pada beberapa waktu ini serang dilanda oleh gempa. Namun Gempa Korea tersebut asal usulnya tidaklah wajar. Guncangan yang telah timbul tidak terjadi secara alami begitu saja, melainkan telah dipicu oleh uji coba nuklir yang telah dilakukan oleh rezim yang dimpimpin oleh Kim Jong Un.

baca juga : Transformasi Asuransi TKI Ke BPJS Ketenagakerjaan Terus Digodok!

Namun untuk gempa yang telah terjadi pada hari Kamis ini, ahli USGS yakni Julie Dutton telah memberikan kepastian bahwa itu sama sekali bukan merupakan ulah dari manusia. Selain itu pernyataan yang telah dikeluarkan oleh Dutton tersebut didukung juga oleh keterangan dari Pentagon Departemen Pertahanan AS yang telah memastikan bahwa beberapa  hari ini belakangan Korea Utara tidak melakukan uji coba senjata baru.

Sebelumnya gempa juga telah mengguncang Korea Utara pada hari Jumat 9 September 2016 yang lalu. Gempa tersebut memiliki kekuatan 5,3 SR. Kantor berita Korea Selatan, Yonhap telah melaporkan baha getaran itu merupakan gempa buatan.

baca juga : 

Inilah Penampakan 2 Pelaku Pembacokan Ahli IT Hermansyah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here